Habib Rizieq Syihab Bebas, Siap-Siap Ini yang Akan Terjadi

[PORTAL-ISLAM.ID]  Mantan Imam Besar Front Pembela Islam (FPI) Habib Rizieq Syihab (HRS) hari ini dinyatakan bebas bersyarat dari rumah tahanan negara (Rutan) Badan Reserse Kriminal (Bareskrim) Polri. 

Habib Rizieq resmi bebas bersyarat setelah menjalani hukuman tindak pidana dan ditahan sejak 14 Desember 2020.

Setelah meninggalkan rutan dan pulang ke rumah di Petamburan, HRS kemudian menggelar konferensi pers bersama DPP Front Persaudaraan Islam (FPI) dan tim advokasi di Markaz Syariah Petamburan.

“Banyak yang menanti-nanti kebebasan Habib Rizieq Shihab, terutama jutaan pendukungnya yang selama ini seperti kehilangan induknya. Sebaliknya untuk para penentangnya dan tentu saja pemerintahan Jokowi, pembebasan HRS ini pasti sangat diwaspadai,” ujar Hersubeno Arief wartawan senior FNN dalam kanal YouTube Hersubeno Point, Rabu (20/7/2022).

Bagaimana pun juga tidak dapat dipungkiri bahwa walaupun HRS dikurung di balik penjara kemudian FPI dibubarkan, namun kharismanya masih sangat besar.

Lalu Hersubeno menyampaikan apa saja yang akan terjadi dengan pembebasan Habib Rizieq ini, pertama soal metode dakwahnya yang lebih memilih dakwah pada nahi munkar ini tentu tidak akan ditinggalkannya.

Kemudian kedua keterlibatannya dalam dunia politik, hal ini tentu sangat menarik karena Habib Rizieq dibebaskan di tahun-tahun politik menjelang Pilpres 2024. Seperti diketahui namanya sudah masuk dalam bursa calon presiden (capres) 2024 yang bakal dipilih rakyat. 

Hal ini diungkap dalam temuan hasil survei. Namanya berada di urutan ke-14 sebagai capres yang bakal dipilih rakyat. Bahkan HRS berada di atas nama-nama beken semisal Airlangga Hartarto, Erick Thohir, dll.

Ketiga, di tengah krisis ekonomi saat ini, problem hidup rakyat yang kian berat, dalam situasi seperti ini tentu seorang ulama pejuang seperti Habib Rizieq akan menjadi sandaran bagi Umat. 

Bagaimana hubungan Habib Rizieq dengan pemerintah, sesungguhnya kita tidak terlalu terkejut apabila nantinya Rizieq Shihab membuka tangan untuk kerja sama bersama pemerintah.

Jadi sekarang tinggal bagaimana pemerintah mengkalkulasikan plus minusnya, apakah pemerintah masih memposisikan Habib Rizieq ke dalam kelompok yang harus diwaspadai dan kemudian dicari-cari kesalahannya serta ditahan sampai pilpres 2024 atau pemerintah mencoba dengan pendekatan berbeda. 

SIMAK VIDEO: