Erdogan Umumkan Bakal Kembali Mencalonkan Diri Untuk Pilpres 2023

[PORTAL-ISLAM.ID] ANKARA – Presiden Erdogan mengumumkan akan mencalonkan diri dalam Pemilu Turki 2023 mendatang. Erdogan menepis desas-desus tentang pemilu yang akan dipercepat di negara yang tengah dilanda persoalan ekonomi ini.

Dilansir dari kantor berita AFP, Jumat (10/6/2022), ini adalah pertama kalinya Erdogan yang telah berkuasa sejak 2003, secara resmi mengumumkan pencalonannya yang telah diperkirakan secara luas.

“Izinkan saya menyampaikannya di sini. Tayyip Erdogan adalah kandidat dari Aliansi Rakyat”, kata Erdogan saat acara partai di kota Izmir, Turki barat pada Kamis (9/6/2022), mengacu pada aliansi antara partai konservatif yang berkuasa, AKP dan partai sayap kanan MHP.

Partai oposisi CHP, yang terbesar kedua di parlemen, belum mengajukan calon dan Erdogan menantang Pemimpin CHP, Kemal Kilicdaroglu untuk maju mencalonkan diri.

“Nyatakan kandidat Anda atau pencalonan Anda,” kata Erdogan.

Erdogan mengatakan pemilihan presiden akan diadakan tepat waktu, pada 24 Juni tahun depan.

Sebelumnya telah beredar desas-desus tentang pemilu yang dipercepat di tengah krisis ekonomi Turki yang dipicu oleh melemahnya Lira dan inflasi 73,5 persen – level tertinggi sejak 1998.

Para kritikus menyalahkan kebijakan ekonomi Erdogan yang mendorong penurunan suku bunga guna memerangi kenaikan harga untuk kekacauan ekonomi.

Bertentangan dengan teori ekonomi konvensional, Erdogan yakin bahwa suku bunga tinggi akan memicu inflasi, bukannya mengendalikannya.

Sebelumnya Erdogan telah menegaskan, “pemerintah ini tidak akan menaikkan suku bunga.”

(Sumber: AFP)

[VIDEO - Kampanye Erdogan di Pilpres 2018, Lagu Oleh Maher Zein]