Mohammed Hamada, Atlet Angkat Besi dari Gaza Palestina, Meraih Medali Emas Kejuaran Dunia Angkat Besi IWF 2022 di Yunani

[PORTAL-ISLAM.ID]  ATHENA - Mohammed Hamada, atlet angkat besi Palestina dari Jalur Gaza, memenangkan medali emas di Kejuaraan Dunia Angkat Besi IWF World Junior Championship 2022 di Yunani, Senin (9/5/2022).

Itu adalah kemenangan internasional yang langka bagi seorang atlet dari wilayah berpenduduk dua juta orang, di mana fasilitas pelatihan kelas dunia langka.

Di ajang Athena, Hamada (20) meraih emas di kelas 102kg untuk angkatan angkat beban. 

Hamada melakukan perjalanan ke Uni Emirat Arab pada bulan Januari untuk mempersiapkan kompetisi, menghabiskan 40 hari di sebuah kamp pelatihan di negara Teluk. Dia juga berlatih bersama beberapa juara dunia di kamp lain di Rusia.

Dia memulai karirnya pada usia 12 tahun, mengambil bagian dalam kontes lokal di Gaza.

"Saya menangis. Kami semua melakukannya. Ini adalah medali emas dunia pertama Mohammad, medali emas dunia untuk Palestina," ayahnya, Khamees Hamada, mengatakan kepada Reuters di Gaza.

“Ini merupakan prestasi bagi setiap warga Palestina. Saya bangga dengan anak saya,” katanya, usai menyaksikan acara tersebut bersama keluarga, teman, dan pejabat olahraga setempat.

Tahun lalu, Hamada adalah atlet angkat besi Palestina pertama yang ambil bagian dalam Olimpiade, finis ketujuh di Tokyo.

"Kami telah mempersiapkan kemenangan ini selama berminggu-minggu dan berbulan-bulan dan kami senang rencana pelatihan dan persiapan telah membuahkan hasil hari ini," kata Asad Al-Majdalawi, wakil ketua Komite Olimpiade Palestina.

"Kemenangan ini adalah pesan ke seluruh dunia - rakyat Palestina berhak mendapatkan kehidupan yang lebih baik dan layak untuk bebas," kata Majdalawi kepada Reuters.

[VIDEO Detik-detik Keberhasilan Mohammad Hamada]