Keluarga Ridwan Kamil Ikhlas, Apapun Hasil Akhirnya Insha Allah Akan Diterima

[PORTAL-ISLAM.ID] Sudah sekitar 5 hari putra sulung Ridwan Kamil, bernama Emmeril Kahn Mumtadz (22) alias Eril masih juga belum ditemukan.

Eril terbawa arus kencang saat sedang berenang di Sungai Aare, Bern, Swiss pada Kamis 26 Mei 2022.

Proses pencarian Eril masih terus dilakukan Tim SAR dan juga pihak kepolisian Swiss.

Hanya saja sudah beberapa hari proses pencarian Eril juga belum menuai hasil yang diharapkan.

Adik Ridwan Kamil, Elpi Nazmuzaman menyebut bahwa saat ini tim pencari sudah mulai melakukan penelusuran ke bawah permukaan air sungai.

Sebelumnya polisi Swiss menggunakan drone canggih untuk susuri Sungai Aare sejauh 8 Km.

"Sekarang memasuki hari keempat, pencarian mulai diintesifkan di bawah permukaan air, sebelumnya di permukaan air menggunakan drone," kata Elpi, dikutip dari unggahan video yang tayang di kanal YouTube TvOneNews pada Minggu, 29 Mei 2022.

"Kini menggunakan drone yang jarak terbangnya relatif rendah dan berbagai macam perahu yang bisa mendeteksi benda kurang lebih 3 meter di bawah permukaan air, sehingga relatif bisa ditemukan," tambahnya.

Keluarga Ridwan Kamil sampai saat ini masih terus berupaya keras mencari keberadaan Eril yang terseret arus beberapa waktu lalu.

Seluruh tenaga serta doa dikerahkan dan dipanjatkan demi ditemukannya Eril.

Meski demikian, keluarga Ridwan Kamil mengaku akan menerima apapun hasil dari pencarian Eril.

Harapan melihat Eril untuk ditemukan dengan selamat masih ada, tetapi pihak keluarga Ridwan Kamil tetap akan ikhlas apapun hasil akhir pencariannya.

"Sejauh ini, sampai saat ini kami belum mendapatkan hasil yang sesuai diharapkan, tetapi InsyaAllah apapun itu kita terima dengan ikhlas," kata Elpi Nazmuzaman. 

Diketahui Tim SAR dan pihak berwenang di Swiss mengalami beberapa kendala yang sangat menyulitkan proses pencarian Eril.

"Ada kendala alam, ada hal-hal yang tidak bisa diukur oleh kemampuan manusia secara matematis," tutur Elpi.

"Sumber airnya dari lelehan gunung es, salju, sehingga ada serpihan-serpihan yang memberikan tingkat kekeruhan," tambahnya.
Ridwan Kamil dan Istri Turun Memantau Langsung di Lokasi

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dan istrinya Atalia Praratya memantau langsung pencarian Eril di Sungai Aare, di Bern, Swiss. 

Dalam keterangan tertulis Kementerian Luar Negeri RI, Sabtu, 28 Mei 2022, Ridwan Kamil bertemu dengan Kepala Polisi Maritim, Urs Käller dan Kepala Polisi Regional, Thomas Müller untuk mendengarkan informasi terbaru terkait proses pencarian Emmeril Kahn Mumtadz atau Eril.

Sementara itu, untuk memantau langsung pencarian Emmeril, Ridwan Kamil mengajukan perpanjangan cuti selama 1 pekan.

"Pak Gubernur nambah cuti sepekan ke depan untuk berada di Swiss, sehingga Beliau kalau ada di daerah kejadian menunggunya pun agak tenang, berbeda kalau Beliau pulang (ke Bandung)," kata Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum, Minggu 29 Mei 2022.

Wagub Jawa Barat itu berharap warga Jawa Barat memaklumi perpanjangan cuti yang diajukan oleh Ridwan Kamil, karena memang ada hal yang mendesak.

"Saya minta pengertian masyarakat, seandainya Pak Gubernur masih berada di luar negeri tidak dijadikan permasalahan seputar kinerja, karena di provinsi ada pejabat yang ada. Ada saya sebagai Plh. Toh saya komunikasi dengan Gubernur tidak ada kendala," katanya, dikutip dari FIN.co.id, 29 Mei 2022.