Jelang Rakernas, Sejumlah Pimpinan Wilayah Nasdem Mulai Terang Benderang Sebut Nama Anies Baswedan

[PORTAL-ISLAM.ID]  DPP Partai Nasdem akan menggelar Rapat Kerja Nasional (Rakernas) pada 15 hingga 17 Juni 2022 mendatang.

Rakernas akan dimanfaatkan Partai Nasdem untuk menyerap aspirasi dari seluruh Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) se-Indonesia dalam mengusulkan nama calon presiden yang akan diusung pada Pilpres 2024.

Wakil Ketua Umum Partai Nasdem Ahmad Ali mengatakan, Rakernas nanti akan menjadi forum untuk menjaring 3 hingga 5 nama capres yang bakal diusung Nasdem pada pemilu nanti. Itu lantaran konvensi partai Nasdem batal digelar mengingat terkendala komunikasi lintas parpol.

“Jadi konvensi ini tidak bisa dilaksanakan oleh Nasdem karena kami terkendala berkomunikasi dengan ketua-ketua partai. Karena konvensi itu harus dilaksanakan bersama-sama partai lain, karena kita tidak mau konvensi itu abal-abal, kita mau konvensi itu ketika selesai dilaksanakan mendapatkan capres dan capres itu bisa maju karena partai pengusungnya cukup,” kata Ahmad Ali kepada Kantor Berita Politik RMOL, Kamis (19/5).

Adapun kendala Nasdem berkomunikasi karena banyak partai yang mempersyaratkan bahwa ketua umum harus jadi capres.

“Nah, kalau dia sudah mempersyaratkan itu untuk apa kita konvensi? Padahal Nasdem memandang partai ini hanya sebagai rumah untuk mencari calon pemimpin. Jadi kendalanya di situ,” sambungnya.

Ahmad Ali mengungkapkan, dalam Rakernas Nasdem nanti bisa jadi akan memilih 3 hingga jadi 5 capres yang mekanismenya diatur kemudian, seluruh DPW mengusulkan nama-nama capres yang muncul di wilayah mereka masing-masing. DPP Nasdem, kata dia, hanya mengakomodir usulan dari DPW untuk selanjutnya diputuskan satu nama oleh Ketua Umum Nasdem Surya Paloh.

“Kalau yang kita dengar hari ini yang justru muncul seperti Anies Baswedan itu sudah secara terang benderang menyebut nama Anies, (DPW Nasdem) Jawa Barat, DKI Jakarta, Banten itu justru yang muncul di permukaan menyebut nama Anies,” ungkap Ahmad Ali.

Namun begitu, Ahmad Ali menegaskan bahwa itu baru sekadar usulan terkini yang disuarakan sejumlah DPW Nasdem di beberapa wilayah. Ia meyakini akan ada nama-nama lain yang juga diusulkan oleh DPW-DPW Nasdem di daerah lainnya.

“Itu baru usulan, tapi apapun nanti yang putuskan itu adalah ketum partai Nasdem,” tuturnya.

“Jadi bisa 3 bisa 5 yang diusulkan dan direkomendasikan di Rakernas nanti ketum yang akan memutuskan 1 nama. Tapi kapan waktu diumumkan capres itu Pak Surya sendiri yang tahu kapan. Jadi gitu,” demikian Ahmad Ali.[RMOL]