Turki-Pakistan Bekerja Sama untuk Membuat ‘Jet Tempur Dunia Islam Pertama’

[PORTAL-ISLAM.ID]  Turki dan Pakistan bersama-sama mengembangkan jet tempur generasi ke-5. Ini merupakan bagian dari upaya untuk meningkatkan armada pesawat tempur mereka dan penggabungan kemampuan dalam kerja sama pertahanan.

TF-X [Turkish Fighter Experimental], yang pertama kali diumumkan pada tahun 2016 dan telah dikembangkan sejak saat itu, digambarkan oleh Turki sebagai jet tempur siluman bermesin ganda generasi ke-5 yang berfokus pada kemampuan udara-ke-udara, juga beroperasi dalam peran udara-ke-permukaan.

Dalam sebuah wawancara dengan stasiun TV Pakistan bulan ini, CEO Turkish Aerospace Industries (TUSAS), Temel Kotil, mengungkapkan bahwa proyek tersebut sedang dikembangkan bersama dengan Pakistan.

Menurut sebuah artikel yang diterbitkan awal bulan ini, Wakil Marsekal Udara Pakistan, Rizwan Riaz, mengatakan tim pengembangan proyek – yang berbasis di Turki – mendistribusikan tugas-tugas yang lebih kecil kepada siswa dan peneliti yang berbasis di Pakistan, yang berkontribusi untuk mengintegrasikan komponen.

Kotil juga mengumumkan bahwa beberapa operasi TUSAS akan dipindahkan ke Pakistan tahun ini sebagai bagian dari kegiatan untuk meningkatkan dan memajukan kerja sama antara kedua negara dalam industri pertahanan.

Proyek bersama – yang oleh beberapa orang disebut sebagai ‘[jet] tempur pertama di dunia Islam’ – diprediksi akan menguntungkan Ankara dan Islamabad, menggantikan armada jet tempur mereka yang sudah ketinggalan zaman. 

Meskipun Pakistan telah memiliki proyek jet tempur generasi ke-5 sendiri di bawah Project Azm, Pakistan bertujuan untuk menggantikan jet tempur F-16 dan Mirage III yang sudah tua, serta juga menghadapi kesulitan dalam proyeknya.(Hidcom)

[Video - Jet Tempur Siluman TF-X Generasi ke-5 Turki Ini Lebih Canggih Dari yang Anda Pikirkan]
Baca juga :