Semprot Megawati yang Ngoceh Soal Minyak Goreng, Cak Nun: Dia Tidak Pernah Bergaul di Kampung, Tidak Pernah Utang

[PORTAL-ISLAM.ID]  Komentar Ketua Umum PDIP, Megawati Soekarnoputri soal kelangkaan minyak goreng menuai kritikan keras dari publik.

Pasca persoalan itu, sebuah video lawas Emha Ainun Nadjib alias Cak Nun kembali viral di media sosial. Video tersebut diunggah oleh akun Twitter @bosstamlen.

"Bener kata Cak Nun (di akhir video), masih mau pilih PDIP setelah mendengar omongan Megawati seperti ini?," tulis akun Cak Nun, seperti dikutip Suara.com, Minggu (20/3/2022).

Dalam video tersebut, Cak Nun menyebut Megawati tidak berpendidikan. Lalu, Megawati tak pernah merasa sedih ketika seseorang dipaksa membayar hutang saat mereka dalam kondisi kekurangan.

"Jangan disalahkan karena Mbak Mega itu tidak ngerti. Dia tidak punya ilmu untuk memahami itu. Dia tidak sekolah. Dia tidak pernah bergaul di kampung-kampung, dia tidak pernah utang, nggak pernah ngerti sedihnya nggak bisa bayar sekolah," ujar Cak Nun dalam video tersebut.

Cak Nun mengatakan, sejak kecil Megawati tinggal di 'istana'.

"Jadi gak ada ceritanya anak presiden utang, gak ada (Jadi tidak ada cerita anak presiden utang, gak ada). Jadi Anda jangan tuntut Mbak Mega ngerti itu, wong gak ngerti kok," imbuhnya.

Sebelumnya, Megawati memberikan komentar mengenai video ibu-ibu mengantri minyak goreng.

"Bukan masalah mahalnya beli minyak goreng. Saya itu sampai mikir, jadi tiap hari ibu-ibu itu apakah hanya menggoreng? Sampai begitu rebutannya? Sampai kalau sekarang kita lihat toh hebohnya urusan beli minyak goreng. Saya itu sampai ngelus dada," bebernya.

Megawati kemudian memberikan saran kepada ibu-ibu untuk mengolah makanan dengan cara lain seperti direbus.

"Apa tidak ada cara merebus atau mengukus atau seperti rujak? Itu menu Indonesia lho. Lah kok jelimet gitu," ungkap Megawati. [suara]