Ridwan Kamil: Mas Anies Tak Bisa Disaingi Gubernur se-Indonesia Raya

[PORTAL-ISLAM.ID] Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengakui bahwa popularitas dan elektabilitasnya sebagai salah satu tokoh yang kerap disebut sebagai kandidat potensial dalam pemilu presiden 2024 masih di bawah sejumlah gubernur lainnya, misalnya Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo.

Bahkan dia menerima pula hasil analisis dan survei bahwa popularitas dan elektabilitasnya masih terbatas di lingkup provinsi Jawa Barat, alih-alih secara nasional.

Fakta itu merupakan kewajaran karena dia baru satu periode memimpin Jawa Barat, lantas belum dapat berbuat banyak untuk membangun provinsi itu terutama karena pandemi COVID-19. 

"Saya menerima semua komentar itu. Bayangin, saya jadi gubernur, lagi semangat mau gimana-gimana, kena COVID-19 dua tahun," katanya dalam wawancara khusus dengan The Interview di Bandung pada Jumat, 11 Maret 2022.

Ridwan mencontohkan Ganjar Pranowo yang sekarang telah menjalani periode kedua sebagai gubernur Jawa Tengah. Sedangkan dia baru memulai tetapi sudah terganggu pandemi COVID-19. Maka wajar popularitas dan elektabilitasnya masih di bawah Ganjar. "Kalau terlalu tinggi jadi aneh," katanya.

Tingkat keterkenalan dan keterpilihan hasil riset sejumlah survei akhir-akhir ini, Ridwan menilai, bukan efek hasil kerjanya sebagai gubernur Jawa Barat, melainkan hasil sewaktu dia menjabat wali kota Bandung pada 2013-2018. Sedangkan efek keterkenalan dan keterpilihan sebagai gubernur Jawa Barat belum dapat dinilai.

Berbeda lagi dengan Anies Baswedan yang, menurut Ridwan, popularitas dan elektabilitasnya kerap menempati posisi tiga besar secara nasional meski Anies baru satu periode menjabat gubernur DKI Jakarta. Faktor utamanya ialah Jakarta sebagai ibu kota negara dan pusat kekuasaan.

"Kalau Mas Anies, dalam kacamata saya, walaupun satu periode, posisi Jakarta pusat atensi, makanya tidak bisa disaingi oleh gubernur se-Indonesia Raya," ujarnya. "Saya tahu diri: [saya] bukan [pemimpin] Jakarta sebagi pusat atensi, bukan juga gubernur yang dua periode."

Cocok dengan Anies maupun Ganjar

Ridwan Kamil juga tak menampik jika dipasangkan dengan sejumlah tokoh nasional, misalnya Ganjar Pranowo, Anies Baswedan, dan Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono alias AHY.

Meski begitu, dia memahami bahwa dalam demokrasi di Indonesia, pasangan calon presiden dan calon wakil presiden tidak dapat memilih sesuka hati masing-masing pasangannya, melainkan 'dijodohkan' oleh partai politik atau gabungan partai politik. 

"Jadi harus belajar mencintai pasangan kita setelah menikah, kira-kira begitu. Jadi, dengan Mas Ganjar cocok, Mas Anies cocok, dengan AHY cocok--semua cocok," ujarnya.

Ridwan mengklarifikasi tudingan sebagian kalangan yang menengarai bahwa dia akan dipasangkan dengan Anies Baswedan, menyusul momen bermain sepak bola adu penalti dengan Anies Baswedan di Jakarta International Stadium beberapa waktu lalu. Itu hanyalah momen kebetulan karena DKI Jakarta dan Jawa Barat ditunjuk sebagai tuan rumah forum G20.

"Setengah acaranya di Jakarta, saya datang; setengah acaranya di Jawa Barat, Mas Anies harus datang. Enggak ada setting-an politik. Kalau enggak ada apa-apa terlihat akrab, mungkin itu ada politisnya," ujarnya.

(Sumber: VIVA)
Baca juga :