"Kamu tuh di perang ini, pro Rusia atau pro Ukraina sih?"

Oleh: Muhammad Jawy

Kamu tuh di perang ini, pro Rusia atau pro Ukraina sih?

Maksudnyeh? Emang ini kek lagi pertandingan Man Utd vs Liverpool? 🧐

Bro ini perang, bukan main bola. Sudah jelas simpati doa kita berikan kepada warga Ukraina yang menjadi korban invasi, mereka rumahnya diserang. Terlepas dari benar atau salah kebijakan negara yang mereka ambil, namanya orang diinvasi itu ya mereka orang didzalimi, tak beda dengan Palestina, Iraq dan tempat lain. 

Kita juga patut mengecam invasi ilegal Putin yang menyebabkan nyawa melayang, kerusakan parah, dan tentunya kita harus rame-rame minta tentara Rusia harus segera kembali ke negaranya. Pemerintah Indonesia sudah resmi ikut resolusi PBB supaya invasi Ukraina dihentikan. Orang boleh kok bersimpati ke Putin karena dia  menghadang hegemoni Amerika dalam perbuatannya yang merusak Iraq dan banyak tempat lain di dunia, tapi simpati itu tidak boleh menutup mata bahwa kali ini ada ribuan orang meninggal karena invasi ke Ukraina yang diperintahkannya.

Tapi ya, jangan lupa, bahwa situasi panas di Ukraina sudah terbentuk lama, dan ini akibat kemunafikan Amerika dan NATO. Mereka jangan kamu lindungi, karena kebijakan ngawur mereka juga menimbulkan kekacauan di planet ini, dan yang ngomong gini termasuk orang Amerika sendiri. Mereka punya kontribusi kenapa bencana ini terjadi. Mereka mau provokasi Rusia, tapi merekanya sendiri takut ikut perang dengan Rusia. Mereka nyetorin senjata dan nyuruh warga Ukraina perang, dan kalau mati, nguburin dengan layak aja juga tidak.

Dan yang namanya perang, kengawuran itu pasti terjadi dari dua sisi. Rusia yang menyembunyikan gambar korban sipil di televisinya, atau bahkan memelintir informasi, itu terjadi. Demikian juga pro Ukraina yang menyebar rumor Tank Russia melindas mobil berisi kakek Ukraina itu juga ada. Kita tidak seharusnya berpihak kepada kengawuran ini, siapapun yang membuat atau menyebarnya, karena kita tahu bahwa setiap perang itu jamak menggunakan tipu daya. Apa lupa dulu Amerika menginvasi Iraq atas dasar kabar bohong kalau Iraq terlibat 9/11 dan punya senjata nuklir?

Media Rusia itu sering memberikan informasi satu sisi, menutupi fakta, tapi informasi dari Media Barat juga tak bisa semua dipercaya, masing-masing punya bias, di sini kita harus hati-hati. 

Jadi gimana?

Dalam setiap perang, berempatilah kepada kemanusiaan. Karena dengan kacamata ini kita tidak mudah terjebak dukung mendukung sosok yang kemudian akan menjerumuskan nilai kita sebagai manusia.

Saya mengutip Jeremy Schahill, seorang reporter Amerika yang lama menjadi jurnalis investigasi di medan perang, dalam tangkapan layar berikut.....

"There is no contradiction between standing with the people of Ukraine and against Russia’s heinous invasion and being honest about the hypocrisy, war crimes and militarism of the US and NATO."

(Tidak ada kontradiksi antara berdiri bersama rakyat Ukraina dan melawan invasi keji Rusia dan jujur tentang kemunafikan, kejahatan perang dan militerisme AS dan NATO.)