Habis-habisan Buat Ortu

Kek dejavu deh gue.

Hari ini 4 tahun yang lalu. Gue 'kehilangan' Honda Vario gue satu2nya, karena ditarik leasing. 

Waktu itu, gue sama sekali gak punya duit buat ngelarin angsuran yang tinggal 3 bulan lagi kelar. Sehingga, dibawalah itu motor sama 3 orang lelaki berbulu dada lebat, yang gue sebut, Trio Bulu Dada.

Nah, hari ini di tanggal yang sama, lagi2 gue harus 'kehilangan' Honda Scoopy gue satu2nya, setelah tahun kemarin, gue harus 'kehilangan' Honda CBR gue. Kedua motor itu bukan ditarik leasing gaes, karena gue belinya cash, alhamdulillah.

Yang Honda CBR, waktu itu 'terpaksa' gue lelang di pesbuk buat nolong seorang tukang becak yang patah tulang paha, gara2 jatoh dari ketinggian. Sedangkan yang Honda Scoopy, hari ini 'terpaksa' gue jual ke temennya ipar gue, karena Bokap gue lagi butuh bantuan duit dalam jumlah yang lumayan besar. Walaupun beberapa hari sebelumnya gue udah transferin duit buat bantu, tapi ternyata gak cukup. Sehingga, ya gitu deh, sayonara Honda Scoopy.

Postingan ini gue tulis, bukan buat ngumbar aib ortu. Karena di sebelah mana aibnya? Orang cuman cerita doang. Dan cerita kek gini lumrah dialami setiap orang. Pun bukan juga buat riya, karena pake cerita segala nolong ortu sampe jual ini itu. Bukan.

Maksud gue adalah, ya inilah yang dilakuin sama ortu ke gue dulu. Waktu gue lagi gak punya duit buat bayaran sekolah, gue inget banget, Bokap sampe jual tipi di rumah supaya gue tetep sekolah. Dan waktu gue lagi gak punya duit buat bayaran kuliah, gue inget banget Nyokap sampe keliling kampung jualan baju supaya gue tetep bisa kuliah. Dan itu, cuma secuil dari apa2 yang pernah mereka korbankan buat gue. Sedangkan yang lebih dari itu, gak keitung gaes. 

So, ketika ortu lagi butuh bantuan kita, maka abis2an lah buat bantuin mereka, dengan apapun. Karena jangan kan cuma duit kita, motor kita, atau rumah kita. Diri kita nih diri kita, itu adalah haknya mereka gaes! Kita adalah milik ortu kita!

Akhirulkallam, sebagaimana dulu ortu mati2an buat kita, maka udah selayaknya, kita seperti itu juga ke mereka.

Demikian, gue Bret Pitt.

Next kalo beli motor lagi mau nyoba Yamaha aja ah. Wkwkwk! 

(Awan Gunawan)

*fb penulis 07/03/2022