Banyak Yang Belum Tahu, Buyut Anies Baswedan Itu Ulama Penyebar Islam di Jawa

[PORTAL-ISLAM.ID] JAKARTA - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan ternyata mempunyai kakek buyut yang turut menyebarkan Islam di Jawa. Mereka adalah Syaikh Umar Baswedan dan Syaikh Ahmad Baswedan.

“Banyak yang belum tahu siapa buyut Mas Anies. Namanya Syaikh Umar Baswedan dan Syaikh Ahmad Baswedan. Keduanya ulama dari Hadhramaut dan ikut menyebarkan Islam di Jawa,” kata Muhammad Husnil, penulis buku “Ketika Anies Baswedan Memimpin: Menggerakkan, Menginspirasi”, di akun Twitter-nya @muhammad_husnil dikutip Senin 21 Maret 2022.

Husnil mencuit bahwa Syaikh Umar Baswedan dan Syaikh Ahmad Baswedan adalah ulama serta sufi. “Selain faqih, juga sufi. Ulama abad 18-19 karomahnya banyak,” ujar dia.

Sedangkan kakek Anies, Abdurrahman Baswedan merupakan keturunan Arab yang memiliki andil dalam memperjuangkan kemerdekaan Indonesia. Meskipun peranakan Arab, ia memiliki logat khas bahasa Jawa Surabaya.
 
Dia menjadi pelopor bagi orang-orang keturunan Arab untuk ikut bersatu membantu perjuangan Indonesia.

Abdurrahman Baswedan merupakan diplomat pertama Republik Indonesia dan berhasil mendapatkan pengakuan pertama de jure dan de facto bagi eksistensi RI dari Mesir. Dia fasih menggunakan bahasa Arab, bahasa Inggris, dan bahasa Belanda. (kba)