Abu Janda Menyesatkan! Sebut Al-Quran Kemungkinan Ada Ayat Yang Di-updet (Ubah) Pasca Nabi, Tokoh NU Ini Meluruskan

[PORTAL-ISLAM.ID]  Permadi Arya alias Abu Janda mengunggah foto dirinya di kawasan Masjidil Aqsa. Seperti diketahui Abu Janda pernah berkunjung ke Israel sampai bikin vlog.

Dalam postingan di akun IG-nya saat peringtatan Isra Mi'raj kemarin (28/2/2022), Abu Janda bicara tentang bedanya masjid Kubah Emas Haram Al Sarif dan Masjid Al Aqsa.

Bukan soal itu yang bermasalah dari postingan Abu Janda.

👉Tapi pernyataan bahwa Masjid Al Aqsa baru dibangun pada 715 Masehi (atau 80 tahun setelah Nabi Muhammad wafat).

👉Juga pernyataan Abu Janda di kolom komentar, saat menjawab netizen yang menyebut "Jadi, ada kebohongan dong dalam al quran", dengan mengatakan "Al-Quran dibukukan setelah Nabi wafat. Bukan tidak mungkin ada apdet2 pada ayat yang dilakukan oleh khalifah2 pasca nabi".

Sungguh, sesatlah orang yang bilang Al-Qur'an itu terdapat hal-hal baru ubahan oleh manusia... karena Allah sendiri yang berfirman bahwa Al-Qur'an adalah dariNya dan Dia sendiri yang akan menjaganya.. 

إِنَّا نَحْنُ نَزَّلْنَا الذِّكْرَ وَإِنَّا لَهُ لَحَافِظُونَ

“Sesungguhnya Kami-lah yang menurunkan Al-Quran dan pasti Kami (pula) yang memeliharanya.” (QS. Al-Hirj [15]:9)

***

Tokoh NU Abdul Wahab Ahmad, beliau peneliti di Aswaja NU Center PWNU Jawa Timur dan Pengurus Wilayah LBM Jawa Timur membantah pernyataan Abu Janda.

Berikut tulisan Abdul Wahab Ahmad di akun fbnya (1/3/2022) menanggapi postingan IG Abu Janda:

Sebelum bicara dengan nada meragukan informasi al-Qur'an, harusnya Permadi alias Abu Janda ini belajar sejarah yang beneran, jangan cuma baca secuil lalu komen sok yes.

Masjidil Aqsha adalah kompleks tua yang dibangun jauh sebelum Masehi. Dalam sebuah hadis sahih dijelaskan:

عَنْ أَبِي ذَرٍّ، قَالَ: قُلْتُ يَا رَسُولَ اللهِ: أَيُّ مَسْجِدٍ وُضِعَ فِي الْأَرْضِ أَوَّلُ؟ قَالَ: «الْمَسْجِدُ الْحَرَامُ» قُلْتُ: ثُمَّ أَيٌّ؟ قَالَ: «الْمَسْجِدُ الْأَقْصَى» قُلْتُ: كَمْ بَيْنَهُمَا؟ قَالَ: «أَرْبَعُونَ سَنَةً

"Dari Abu Dzarr dia berkata: Aku bertanya pada Rasulullah: "Masjid apakah yang pertama dibangun di muka bumi?" Rasulullah menjawab:  "Masjidil Haram". Aku bertanya, "Lalu apa?". Rasul bersabda: "Masjidil Aqsha". Aku bertanya lagi: "Baraoa lama jarak antara kedua pembangunan itu?". Rasulullah menjawab: "40 tahun".  (HR. Muslim)

Kalau merujuk pada hadis tersebut, maka masjidil Aqsha dibangun 40 tahun pasca dibangunnya ka'bah. Beberapa sejarawan bahkan menulis bahwa pertama kali ia dibangun oleh Nabi Adam. Jadi di masa Nabi Muhammad masjid ini sudah sangat terkenal baik oleh orang Arab atau pun non-Arab, muslim atau non-muslim, namun saat itu terkenal dengan nama Baitul Maqdis. Ia menjadi Kiblat shalat pertama umat islam sebelum akhirnya Kiblat diubah menjadi ke arah ka'bah.

Adapun yang disebut oleh si Abu Janda ini bahwa ia dibangun pada era dinasti Umayah tak lebih dari sekedar pemugaran ulang, bukan pembangunan pertama kali. Jadi seharusnya dia bertanya ke orang yang tahu kalau dia menemukan bacaan yang menurut dirinya aneh, bukan malah menyimpulkan yang tidak-tidak seolah-olah al-Qur'an salah. Menyalahkan pengetahuan umum, apalagi al-Qur'an, adalah kebodohan yang hakiki.

(Abdul Wahab Ahmad)