Syetan Akan Terganggu dengan Suara Adzan, Sampai Lari Terkentut-kentut

ADZAN, SYETAN, ANJING DAN AYAM

Rasulullah Saw mengabarkan -dan Beliau orang yang jujur lagi sangat terpercaya- bahwa syetan akan terganggu dengan suara adzan. Ia akan lari bila mendengar adzan (juga iqamah). Bahkan dia lari terkentut-kentut.

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

ﺇِﺫَﺍ ﻧُﻮﺩِﻯَ ﺑِﺎﻷَﺫَﺍﻥِ ﺃَﺩْﺑَﺮَ ﺍﻟﺸَّﻴْﻄَﺎﻥُ ﻟَﻪُ ﺿُﺮَﺍﻁٌ ﺣَﺘَّﻰ ﻻَ ﻳَﺴْﻤَﻊَ ﺍﻷَﺫَﺍﻥَ ﻓَﺈِﺫَﺍ ﻗُﻀِﻰَ ﺍﻷَﺫَﺍﻥُ ﺃَﻗْﺒَﻞَ ﻓَﺈِﺫَﺍ ﺛُﻮِّﺏَ ﺑِﻬَﺎ ﺃَﺩْﺑَﺮَ ﻓَﺈِﺫَﺍ ﻗُﻀِﻰَ ﺍﻟﺘَّﺜْﻮِﻳﺐُ ﺃَﻗْﺒَﻞَ ﻳَﺨْﻄُﺮُ ﺑَﻴْﻦَ ﺍﻟْﻤَﺮْﺀِ

Artinya: “Apabila adzan dikumandangkan, maka syetan berpaling sambil kentut hingga dia tidak mendengar adzan tersebut. Apabila adzan selesai dikumandangkan, maka ia pun kembali. Apabila dikumandangkan iqamah, syetan pun berpaling lagi. Apabila iqamah selesai dikumandangkan, syetan pun kembali, ia akan melintas di antara seseorang dan nafsunya.” (HR. Bukhari no. 608 dan Muslim no. 389).

* * * * *

Anjing apabila menggonggong, khususnya di malam hari, maka berkemungkinan itu terjadi karena anjing tersebut melihat syetan. Kita dianjurkan untuk berlindung kepada Allah. Ini berdasarkan dua hadits:

Hadits pertama, dari Abu Hurairah radhiallahu ‘anhu menceritakan, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam pernah bersabda:

وَإِذَا سَمِعْتُمْ نَهِيقَ الْحِمَارِ فَتَعَوَّذُوا بِاللَّهِ مِنْ الشَّيْطَانِ ، فَإِنَّهُ رَأَى شَيْطَانًا

Artinya: "Dan bila kamu mendengar ringkikan suara keledai, maka mintalah perlindungan (ta'awudz) kepada Allah dari godaan setan, karena dia melihat syetan." (HR Bukhari dan Muslim).

Hadits kedua, dari Jabir bin Abdillah ra. menceritakan, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

إِذَا سَمِعْتُمْ نُبَاحَ الْكِلاَبِ وَنَهِيْقَ الْحَمِيْرِ بِاللَّيْلِ، فَتَعَوَّذُوْا بِاللهِ فَإِنَّهُنَّ يَرَيْنَ مَا لاَ تَرَوْنَ

Artinya: "Apabila kalian mendengar gonggongan anjing dan ringkikan keledai di malam hari, maka mintalah perlindungan (ta'awudz) kepada Allah, karena mereka melihat sesuatu yang kalian tidak lihat (yakni syetan -pent)". (HR. Abu Dawud no.5103).

* * * * *

Adapun ayam, bila dia berkokok, maka salah satu penyebabnya adalah karena ia melihat Malaikat. Karena itu, kita dianjurkan berdoa meminta karunia Allah Swt bila mendengar ayam berkokok. Dalilnya adalah sabda Rasulullah Saw:

 وَإذا سَمِعْتُمْ صِياحَ الدّيَكَةِ فاسْأَلُوا اللَّهُ مِنْ فَضْلِهِ فإنَّها رأتْ مَلَكاً

Artinya: “Dan jika kalian mendengar kokok ayam, maka mintalah keutamaan dari Allah Swt., karena ayam itu sedang melihat malaikat.” (HR. Bukhari dan Muslim).

Wallahu A'lam bish shawab.

(Oleh: Ustadz Irsyad Syafar)

Baca juga :