MotoGP: Track Day Solusi Terakhir untuk Membersihkan Sirkuit Mandalika

[PORTAL-ISLAM.ID] Mandalika Grand Prix Associaton (MGPA) menyiapkan strategi khusus untuk membersihkan Sirkuit Mandalika menjelang seri MotoGP Indonesia pada Maret mendatang. 

Direktur MGPA Priandhi Satria mengatakan kegiatan Track Day akan menjadi alternatif terakhir untuk membersihkan sirkuit sepanjang 4,3 kilometer tersebut setelah pengaspalan ulang selesai.

Kegiatan Track Day, kata dia, memungkinkan pihak dari luar anggota MGPA menggunakan Sirkuit Mandalika. Nantinya, akan ada syarat dan ketentuan yang berlaku untuk peserta Track Day. 

"Itu (track day) adalah cara paling mudah untuk membersihkan sirkuit," kata dia dikutip dari Motorsport.

Masalahnya, saat ini, Sirkuit Mandalika masih ditutup untuk sejumlah perbaikan lintasan. Priandhi memastikan bahwa MGPA juga akan berfokus untuk membersihkan sirkuit. 

"Dengan jadwal yang diajukan pihak pengembang, maka sirkuit ditutup hingga selesai pengerjaan resurfacing (pengaspalan ulang)," ujar Priandhi.

"Mungkin setelah pengerjaan selesai, kami akan rutin melakukan pembersihan lintasan baik dengan track sweeper atau menggunakan karet. Trek ini tidak akan ditutup ke depannya, diusahakan jadi trek umum di mana kita berharap bisa melaksanakan berbagai kegiatan."

"Misalnya, orang yang bawa kendaraan ingin mencoba kendaraan di situ. Tentunya, juga memfasilitasi kejuaraan daerah maupun kejuaraan nasional," tutur Priandhi menambahkan.

Dorna dan FIM, sebelumnya, telah memberi rekomendasi pengaspalan ulang di sejumlah titik trek seusai tes pramusim MotoGP akhir pekan lalu. ITDC mencatat sebanyak 17,5 persen bagian trek akan dikelupas dan diaspal ulang. ITDC memastikan pengaspalan ulang Sirkuit Mandalika sudah siap dilakukan. Batu-batu yang menjadi bahan baku sudah diangkut ke Lombok.

Novel Arsyad, Direktur utama PT Pembangunan Perumahan (PT PP) telah menjamin tersedianya perangkat pembersih trek. 

"Kami punya alat pembersih lain agar prosesnya bisa dilakukan secara rutin, setidaknya sampai menjelang MotoGP," tutur dia. 

PT PP, kontraktor pengerjaan sirkuit, menargetkan pengaspalan ulang selesai 10 Maret 2022.

MotoGP Indonesia 2022 rencananya digelar pada 18-20 Maret mendatang sebagai seri kedua rangkaian MotoGP musim ini. 

Sebelumnya, para pembalap akan melakoni balapan pembuka di Sirkuit Losail, Qatar, pada 4-6 Maret 2022.