Jalani Ritual Khusus Perguruan, 23 Warga Jember Terseret Ombak Pantai Payangan, 10 Orang Meninggal

[PORTAL-ISLAM.ID] Korban tewas ritual khusus warga Jember di Pantai Payangan Sumberejo Jember mencapai 10 orang. Sementara 13 orang lainnya berhasil diselamatkan.

Ritual perguruan padepokan Tunggal Jati Nusantara ini digelar di Pantai Payangan, Desa Sumberejo, Ambulu, Jember, Jawa Timur, Minggu (13/2/2022).

Korban merupakan jemaah padepokan Tunggal Jati Nusantara. Dari 10 orang ditemukan tewas, satu orang lagi dinyatakan masih hilang.

Mereka merupakan rombongan warga Panti, Patrang, Sukorambi, Sumbersari, Ajung dan Jenggawah berjumlah 24 orang (termasuk sopir).

Awalnya rombongan berangkat dari rumah pimpinan bernama Hasan di Desa Dukuhmencek, Kecamatan Sukorambi menuju Pantai Payangan di Desa Watu Ulo Kecamatan Ambulu.

Mereka menggunakan armada minibus jenis elf berpelat nomor DK 7526 VF pada Sabtu (12/2/2022) pukul 23.00 WIB.

Sementara itu Kapolsek Ambulu AKP Makruf mengatakan, petugas pantai sudah memperingatkan warga agar tidak melakukan kegiatan di sekitar pantai karena ombak sedang tinggi.

“Namun rombongan itu tetap ke pantai untuk ritual,” kata Kapolsek Ambulu AKP Makruf, Minggu (13/2/2022).

Minggu dinihari sekitar pukul 00.25 WIB, 23 orang yang mengikuti ritual tersebut terseret ombak pantai Payangan.(pojoksatu)