Dasar KADRUN πŸ˜‚! Espargaro: Sirkuit Mandalika Belum Siap Gelar Balapan MotoGP

[PORTAL-ISLAM.ID] Pembalap MotoGP tim Aprilia, Aleix Espargaro, berani-beraninya menyebut Sirkuit Mandalika di Lombok, Nusa Tenggara Barat, tidak siap untuk menggelar balapan.

Belum tau ya bakal dijuluki KADRUN πŸ˜‚

Espargaro mengutarakan hal tersebut berdasar pengalaman menjajal Sirkuit Mandalika pada sesi tes MotoGP Mandalika akhir pekan lalu.

"Trek ini tidak siap gelar balapan sama sekali. Kami tidak menunjukkan kemampuan maksimal selama tes seperti yang kami lakukan di Malaysia," kata Espargaro seperti dilansir Crash, Rabu (16/2/2022). 

Grand Prix Safety Officer FIM Franco Uncini juga buka suara soal masalah pada aspal di Sirkuit Mandalika selama gelaran tes Moto GP Mandalika pada 11-13 Februari lalu.

Dengan sisa waktu kurang lebih satu bulan, Uncini menyampaikan FIM akan berkoordinasi dengan pihak yang berwenang di Mandalika untuk memperbaiki sirkuit.

"Kami menyelesaikan tes tanpa masalah apapun, tapi kami takut untuk menggelar Grand Prix dengan kondisi seperti ini. Kami sedang berkomunikasi dengan pihak terkait dan kami sudah memberi pemahaman tentang masalahnya. Kami akan mencari solusi untuk menggelar GP dengan aman dan tenang," kata Uncini dilansir dari GPOne, Selasa (15/2/2022).

Pihak FIM menunjuk Mark Hughes sebagai arsitek yang mengawasi pembangunan trek dan akan bertanggungjawab dengan Jarno Zafelli selaku teknisi. Keduanya sudah bekerjasama memperbaiki sirkuit Sepang ketika bermasalah dengan permukaan air.

"Kami masih butuh beberapa hari. Memang benar ada batu yang berasal dari aspal yang lepas. Tapi situasi tidak di luar kendali karena ada beberapa bagian yang lebih rusak dari lainnya. Masalah paling besar ada di tikungan 1, 5, dan terakhir. Dalam waktu dekat, kami akan segera mencari solusi," ujarnya.

Sebelumnya, beberapa pembalap mengalami masalah ketika mencoba sirkuit Mandalika. Pembalap Yamaha Monster Energy Fabio Quartararo terkena kerikil di bagian leher, sementara pembalap Ducati Pecco Bagnaia menunjukkan bekas memar di lengannya akibat terkena batu.
Menanggapi hal ini FIM, Dorna, dan Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) sepakat untuk memperbaiki Sirkuit Mandalika. Mereka akan melakukan pengaspalan ulang di sebagian lintasan.

"Sirkuit akan diaspal ulang dari bagian sebelum Tikungan 17 hingga setelah Tikungan 5. Venue juga akan mempersiapkan Grand Prix dengan menggunakan teknologi terkemuka dunia untuk memastikan keseluruhan permukaan memenuhi standar MotoGP," bunyi pernyataan resmi FIM, Selasa (15/2/2022).

"Semua pihak ingin meyakinkan penggemar kami di Indonesia dan semua orang di seluruh dunia bahwa Pertamina Grand Prix Indonesia 2022 akan berlangsung pada tanggal yang direncanakan dan MotoGP sangat menantikan untuk kembali ke Lombok."

[CNN]