Pihak Edy Mulyadi Pertanyakan Mengapa "Ade Armando, Zen Kribo, Arteria Dahlan" Tak Pernah Dipanggil Polisi

[PORTAL-ISLAM.ID]  Kuasa Hukum Edy Mulyadi membeberkan alasan kliennya berhalangan hadir saat dipanggil penyidik Bareskrim Mabes Polri pada Jumat (28/1/2022) lalu.

Kuasa hukum juga mengonfirmasi bahwa penyidik telah menjadwalkan pemanggilan ulang pada Senin (31/1) besok.

Namun kuasa hukum pun mempertanyakan mengapa pihak kepolisian tidak pernah memanggil figur-figur yang dekat dengan rezim, padahal figur tersebut beberapa kali juga diduga melakukan sikap yang yang sama dengan Edy Mulyadi yakni menyinggung suku dan etnis lain.

Hal ini disampaikan Pengacara Edy Mulyadi Juju Purwanto, dalam pernyataan video yang diterima, Minggu (30/1/2022).

“Selama ini kami lihat kalau mereka yang selama ini dekat dengan pihak rezim penguasa. Sama sekali belum dilakukan satu pemanggilaan (panggilan polisi),” kata Juju Purwanto.

Ia mencontohkan nama-nama yang sudah pernah dilaporkan ke polisi, namun menurutnya tidak pernah dipanggil.

“Misalnya  Ade Armando, Abu Janda, atau Arteria Dahlan sebagai anggota DPR.  Saya tidak melihat adanya pemanggilan  secara formal dari Mabes Polri atau pihak kepolisian dalam hal ini,” ujarnya.

Juju Purwanto juga mempersoalkan sosok Zen Assegaf alias Habib Kribo yang juga kontroversial di sosial media dan pernah dilaporkan ke polisi.

“Demikian juga yang selalu ramai di Medsos seperti Habib Kribo. Walaupun beberapa kali mereka-mereka itu dilaporkan masyarakat tetapi kami tidak pernah melihat mereka dipanggil secara formal oleh pihak penyidik untuk memeriksa mereka-mereka itu,” tukasnya.

Dia berharap pihak kepolisian dapat memperlakukan secara setara kilennya maupun para figur-fgur yang dekat dengan rezim penguasa.

“Kami tetap berharap bahwa mereka bisa diperlakukan secara hukum yang sama,” pungkasnya.

Namun berdasarkan catatan, Ade Armando yang juga dikenal sebagai pakar komunikasi pernah dipanggil dan diperiksa polisi dalam kasus meme Gubernur DKI Jakarta pada 2019.

Pemeriksaan terhadap Ade Armando berlangsung pada Rabu 20 November 2019.

Sementara itu Abud Janda atau Permadi Arya juga pernah diperiksa Bareskrim Polri pada 4 Februari 2021.  

Permadi Arya diperiksa dalam laporan dugaan ujaran rasialisme terhadap Mantan Komisioner Komnas HAM Natalius Pigai. [Democrazy/rep]