Pengakuan Kapten Timnas Asnawi Makan Babi 10 Kali, Merasa Dijebak

[PORTAL-ISLAM.ID] Sosok Asnawi Mangkualam berhasil mencuri perhatian saat tampil memukau di gelaran Piala AFF 2020 di Singapura beberapa waktu lalu. 

Pemilik nama lengkap Asnawi Mangkualam Bahar ini merupakan sosok yang diidolakan lantaran aksi kerennya saat di piala AFF 2020 kemarin. 

Pesepak bola kelahiran 4 Oktober 1999 tersebut juga sempat mencuri perhatian saat dirinya selalu berzikir ketika hendak memasuki lapangan pertandingan. 

Namun, Asnawi yang merupakan jebolan pesantren ternama di kota Makassar itu pernah dijebak makan babi.

Hal ini terjadi saat menetap di Korea Selatan sejak Februari 2021 lalu menjadi pemain profesional klub Korsel Ansan Greeners FC.

Mengaku sulit beradaptasi dan kesusahan soal bahasa Korea, Asnawi sempat dijebak sehingga dirinya dengan tak sengaja memakan daging babi. 

Asnawi merasa bersalah usai dirinya mengetahui jika makanan yang dimakannya mengandung babi.

Asnawi mengaku sudah 10 kali memakan daging babi saat dirinya berada di Korea, dan baru mengetahui usai diberitahu oleh rekannya. Saat tampil di podcast Roy Ricardo di YouTube KR TV Asnawi mengungkapkan pengalaman tersebut.

"Beradaptasinya yang sulit itu di makanan soalnya aku kan muslim gak bisa makan babi, tapi di sini restorannya rata-rata menjual babi," ujar Asnawi Mangkualam, dilansir IntipSeleb Senin, 3 Januari 2022.

"Pertama kali aku di sini langsung makan babi aku ngerasa dijebak, itu kan lagi karantina (covid-19) terus disediain makanan kaya pastel aku gak tahu dalemnya babi, aku makan kok ini enak," sambung Asnawi.

"Terus aku pesen makan ke agen aku, dikirim makanan terus aku foto translate loh ini babi dari tadi aku makan babi, lah ini babi aku udah makan 10 kali padahal," ujar Asnawi.

Pemain Termahal Indonesia

Walau belum berhasil menjadi juara, pemain Timnas Indonesia menunjukkan aksi yang cemerlang di Piala AFF 2020 kemarin. Imbasnya, harga transfer mereka melonjak setelah kompetisi berakhir.

Sebanyak 20 pemain dari total 30 skuad Timnas Indonesia di Piala AFF 2020 mengalami peningkatan harga pasar. 

Asnawi Mangkualam saat ini menjadi pemain dengan nilai pasar paling mahal di skuad Garuda yakni 375 ribu euro atau naik 25 ribu euro dari sebelumnya.