Paradoks Indonesia: Menteri ngomongin Elon Musk & SpaceX di ibu kota baru, sementara Rakyat antri minyak goreng murah

Paradoks Indonesia: Menteri ngomongin Elon Musk & SpaceX di ibukota baru; rakyat antri minyak goreng murah...

Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Kepala Bappenas Suharso Monoarfa mengklaim Perusahaan teknologi milik Elon Musk, Space Exploration Technologies Corporation (SpaceX) tertarik dengan Ibu Kota Negara Nusantara sebagai tempat untuk meluncurkan pesawat berkekuatan tinggi. 

“Di sana mereka (SpaceX-Red) minta Indonesia sebagai salah satu titik di IKN (Ibu Kota Negara) selain di Biak untuk tempat peluncuran pesawat terbang dengan kecepatan luar biasa,” ujar Suharso saat rapat bersama dengan Pansus IKN DPR.

SEMENTARA ITU...

Ratusan Warga Rela Antri Demi Minyak Goreng

Ratusan pedagag kaki lima di wilayah Kecamatan Mejayan rela antri panjang berjam jam demi mendapatkan minyak goreng murah. Operasi pasar minyak goreng kali ini disediakan 1500 liter minyak goreng dalam kemasan, yang dikhususkan bagi pedagang gorengan dan pedagang kaki lima.

Ratusan warga ini rela mengantre panjang di Kantor Dinas Perdagangan Koperasi dan Usaha Mikro Kabupaten Madiun, Selasa (19/1/2022) siang. Mereka antre demi mendapatkan minyak goreng dengan harga murah yang dijual 14 ribu rupiah perliter.

Setiap PKL atau pedagang yang mengikuti pasar murah ini, dibatasi pembelianya hanya boleh membeli 2 liter minyak goreng saja per orang. Harga minyak goreng ini dinilai lebih murah dibandingkan harga minyak goreng di pasaran, yang kini harganya mencapai 20 ribu rupiah perliter.

Pada operasi pasar ini, Dinas Perdagangan menyediakan stok minyak goreng sebanyak 1500 liter bagi 750 warga yang berprofesi sebagai PKL atau pedagang gorengan. Sayangnya, warga yang antre mengeluhkan antrean yang cukup lama.


Jerit Emak-emak Susah Dapat Minyak Goreng Saat Harga Rp14 Ribu

Kecewa, itulah perasaan yang dialami Julia di Alfamart Ruko Kebayoran Arcade. Minyak goreng yang ia cari habis.

"Mas, ini minyak masih habis ya? Ini saya mau masak gimana nih?" Julia berseru kepada para penjaga Alfamart yang saat itu sedang di meja kasir.

Bukan apa-apa. Ia datang ke toko ritel tersebut memang dengan satu tujuan; mencari minyak goreng. Minyak goreng di rumahnya saat ini sudah habis.

Sudah beberapa minimarket ia kelilingi, tetap tidak ada satu liter pun minyak goreng yang tersisa.

"Tadi saya ke sebelah Indomaret minyaknya nggak ada, kosong. Di sini juga kosong," cerita Julia kepada CNNIndonesia.com di tempat itu, Jumat (21/1/2022).

Segendang sepenarian dengan Julia, nasib sama juga dialami Lia dan Mia, salah satu pelanggan Indomaret Ruko Kebayoran Arcade 2. Meskipun sudah bolak balik mencari di setiap rak dan bertanya ke kasir, minyak goreng tetap tidak mereka dapatkan.

Rak yang biasa dipakai untuk tempat memajang minyak goreng, kini telah diisi barisan coklat. 

"Tidak ada dari kemarin," ucap Lia.