Habib Luthfi Diangkat Sebagai Ketua Kelompok Ahli Badan Nasional Penanggulangan Terorisme

Body
[PORTAL-ISLAM.ID]  Dalam upaya pencegahan terorisme, Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) berkolaborasi dengan tokoh agama, Muhammad Luthfi bin Ali bin Yahya atau yang akrab disapa Habib Luthfi, ditunjuk sebagai Ketua Kelompok Ahli.

Penunjukkan Habib Luthfi sebagai Ketua Kelompok Ahli BNPT bersamaan dengan pembentukan gugus tugas pemuka agama atau ulama oleh BNPT. Lewat pembentukan Gugus Tugas tersebut, para ulama diharapkan berperan dalam penanggulangan terorisme di Indonesia.

“Diharapkan komunikasi dua arah dengan tokoh lintas agama melahirkan sebuah pemahaman bahwa terorisme ideologi berbasis kekerasan, anti kepada nilai luhur bangsa kita,” kata Kepala BNPT, Komjen Pol Boy Rafli Amar dalam keterangannya, Sabtu (1/1/2021).

Penetapan Habib Luthfi sebagai Ketua Kelompok Ahli BNPT juga bersamaan dengan kunjungan Boy ke Anggota Dewan Pertimbangan Presiden periode 2019-2024 itu.

Menurut Boy, tokoh agama akan sangat berperan dalam mengajarkan pemahaman agama yang moderat serta menjunjung nilai-nilai kebangsaan.

Pada kesempatan itu, Habib Luthfi memandang pokok permasalahan terorisme bisa disebabkan banyak hal mulai dari latar belakang sosial, pola pergaulan di tengah masyarakat, hingga kemajuan teknologi.

Dia mengamini, peran penting tokoh agama dan masyarakat dalam mencegah penyebaran paham radikal terorisme. Menurutnya, tokoh-tokoh agama dekat dengan masyarakat sehingga pesan-pesan agama yang moderat lebih mudah diterima.

“Tema-tema agama bahwa pemerintahan sudah tidak sesuai lagi dengan apa yang kita anut, bisa melalui hp ke hp, pertemuan ke pertemuan, dengan mudahnya masyarakat termakan oleh hal-hal demikian,” ujar mantan Kadiv Humas Polri tersebut.

Profil Habib Luthfi

Habib Luthfi bin Yahya adalah ulama asal Pekalongan yang diangkat menjadi anggota Wantimpres oleh Presiden Jokowi pada 2019.

Pria kelahiran 10 November 1947 ini merupakan representasi Nahdlatul Ulama (NU) di Wantimpres.

Habib Luthfi selama ini dikenal sebagai salah satu ulama karismatik yang disegani tokoh bangsa, mulai dari Presiden Jokowi, Menhan Prabowo Subianto, hingga Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Pada Desember 2020 lalu, Habib Luthfi pernah menjadi penasihat Menteri Agama saat itu Fachrul Razi.
Baca juga :