Eks Gubernur DKI Jakarta Ini Akui Capaian Anies Baswedan Melebihi Pendahulunya

[PORTAL-ISLAM.ID]  Keberhasilan Gubernur Anies Baswedan membangun DKI Jakarta setara dengan kota-kota maju di dunia tidak hanya menuai prestasi dan apresisi warga Ibu Kota.

Lebih dari itu, berbagai capaian Gubernur Anies selama empat tahun terakhir di Jakarta ini juga diakui gubernur pendahulunya, Letnan Jenderal TNI Dr. H. Sutiyoso.

“Sukses Anies di Jakarta bukan hanya jauh lebih baik dari para pendahulunya tapi mendapat apresiasi tinggi dari mantan gubernur Sutiyoso,” ucap Ketua Umum Jaringan Nasional Mileanies24 Muhammad Ramli Rahim dalam keterangan tertulis, Minggu, 16 Januari 2022.

Menurutnya, Sutiyoso yang merupakan Gubernur DKI Jakarta periode 1997–2007 secara jujur mengakui Ibu Kota setelah dipimpim Gubernur Anies sudah mengalami banyak kemajuan di berbagai aspek.

“Sutiyoso ketika diwawancarai Karni Ilyas secara jujur menyampaikan terima kasih kepada Anies Rasyid Baswedan yang telah mewujudkan mimpi-mimpi beliau di Jakarta,” tutur Rahim.

Mantan Gubernur Jakarta Sutiyoso saat diwawancari Karni Ilyas menyampiakan terima kasih kepada Gubernur Anies yang telah mewujudkan sejumlah mimpinya.

Salah satu mimpi Sutiyoso adalah membangun stadion sepak bola bertaraf internasional untuk markas Persija Jakarta.

Stadion yang dimaksud Sutiyoso ini adalah Jakarta Internarional Stadium atau JIS yang pada 2020 lalu dikategorikan media Inggris, The Daily Mail, masuk 10 stadion termegah sejagat.

Sutiyoso bercerita ketika awal menjadi Gubernur DKI pada 1997 lalu, Persija dianggap sebagai klub tak diperhitungkan di kancah sepak bola tanah air. Terlebih lagi, saat itu Persija belum memiliki stadion sendiri sebagai markas utamanya.

Ia mengaku sempat berupaya mencari lahan untuk membangun stadion untuk markas Persija. Sampai akhirnya, ia mendapatkan sebidang tanah di Taman BMW, Jakarta Utara pada penghujung masa jabatannya 2006 lalu.

“Nah sekarang (tanah itu) di bangun Anies itu JIS itu. Dan saya gembira. Saya sudah sempatkan ninjau ke sana. Tapi memang belum 100 persen lah pembangunannya,” ujarnya.

Tak hanya itu, Sutiyoso juga menilai Anies sebagai salah satu gubernur yang paling sukses menghadapi pandemi virus corona (Covid-19) hampir dua tahun terakhir ini.

“Penyebaran bisa kita rem. Kematian juga makin amat kecil. Ini menurut saya cukup berhasil,” tutur Sutiyoso.

Sutiyoso lantas menyayangkan masa jabatan Gubernur Anies yang akan berakhir pada Oktober 2022 ini.

Sebab, di tangan Anies pula, demikian lanjut Sutiyoso, proyek moda integrasi transportasi Ibu Kota bisa berhasil dan manfaatnya dirasakan lagsung warga Jakarta. (kba)
Baca juga :