Budaya Arab, Barat, Cina, India dan Indonesia

Oleh: Ferizal Ramli

Budaya Arab/Turki/Persia punya sejarah hebat yang tercatat dalam tinta emas. Peradaban dunia pernah berkiblat pada budaya ini. Saat ini sedang struggle untuk bangkit kembali menjadi budaya hebat.

Budaya Barat punya sejarah hebat, yang sampai saat berhasil mempertahankan eksistensinya sebagai budaya paling mempengaruhi peradaban dunia secara terus-menerus.

Budaya Cina pernah punya sejarah hebat dan saat ini sedang kembali untuk kembali tunjukkan sebagai budaya yang hebat yang mempengaruhi peradaban dunia.

Budaya India selalu diperhitungkan sebagai budaya yang punya pengaruh pada peradaban dunia sejak dulu hingga saat ini.

Tidak perlu dipertentangkan baik buruknya. Semua Budaya punya kelebihan dan kekurangan, tapi mereka yang menyadari kekurangannya dan memanfaatkan kelebihannya lah yang akhirnya mempengaruhi peradaban dunia.

Tidak ada dari budaya-budaya tsb yang menjadi besar karena copy-paste plek dari budaya orang lain. Mereka belajar memang kelebihan dari budaya lain, tapi mereka berdiri di atas budayanya sendiri.

Jadi, jika Budaya Indonesia ingin menjadi Budaya yang bisa mempengaruhi peradaban dunia maka JANGAN mencontoh Copy-Paste Budaya-Budaya hebat diatas. Dikarenakan Budaya mereka pasti tidak sama persis dengan karakater indegenous kita.

Yang dilakukan adalah berdiri pada Budaya sendiri, perkuat nilai indegenous kita, lalu ambil yang baik dari budaya-budaya besar diatas untuk memperkaya budaya kita. Jangan contoh copy-paste dikarenakan tidak semua budaya mereka itu baik dan pas untuk kita.

Jangan pakai ukuran baju orang lain untuk kita kenakan pada keseharian. Kita pakai ukuran kita, lalu yang baik-baik dari budaya mereka digunakan untuk memperkaya keindahaan budaya kita.

By The Way, Ngomong-Ngomong kemana yah Budaya Hebat Bahari kita? Aku ingat cerita tentang Nenek Moyang-ku orang pelaut begitu amat terkenal karenanya. Dengan garis pantai seluas ini. Dengan keyakaan laut yang amat kaya karena suhu tropikanya sehingga berbagai mahluk laut nyaman hidup di kandungannya.

Mungkin dari Laut lah, dibangun industri bahari maka kita akan menjadi bangsa yang disegani! Industri Perikanan dan jadikan Ikan Protein Utama bangsa kita yang murah, maka ke depan generasi bangsa kita adalah generasi-generasi bergizi tinggi, sehat, kuat stamina dan cerdas serta jika bergizi tinggi juga akan cantik dan tampan pastinya.(*)


Baca juga :