Setelah Ramai Tagar #TangkapJosephSuryadi Karena Menghina Nabi Muhammad, Joseph Suryadi Ngaku HP Hilang

[PORTAL-ISLAM.ID] Pria bernama Joseph Suryadi dikaitkan dengan tagar #TangkapJosephSuryadi yang trending di Twitter. Joseph Suryadi dituduh melecehkan Nabi Muhammad SAW.

Tagar #TangkapJosephSuryadi ini trending di Twitter sejak tadi malam. Netizen ramai-ramai melaporkan pria bernama Joseph Suryadi, yang disebut-sebut beralamat di Tanjung Duren, Jakarta Barat, karena diduga melecehkan Nabi Muhammad SAW.

detikcom mencoba menemui Joseph Suryadi di rumahnya, Selasa (14/12/2021). Namun ia tidak ada di tempat.

Anggota Binmas Polsek Tanjung Duren Ipda Sunarno mengatakan bahwa alamat yang dicantumkan netizen di Twitter bukan rumah Josep Suryadi. Melainkan, itu adalah rumah dari kakak Joseph Suryadi.

"Iya alamat kakak korban, yang ramai di Twitter itu yang tinggal di Tangerang," ujar Sunarno ditemui wartawan di lokasi, Selasa (14/12/2021).

Joseph Suryadi Lapor Polisi Ngaku HP Hilang

Menurut Ipda Sunarno, Joseph Suryadi kehilangan ponselnya. Joseph Suryadi melapor ke Polda Metro Jaya.

"Dari info yang dapat, tadi itu kakaknya pagi tadi udah ke Polsek Tanjung Duren melaporkan dan sama dianya juga bahwa HP yang bersangkutan itu hilang sejak hari Kamis (9/12) lalu," kata Sunarno.

Menurut Sunarno, postingan yang kemudian membuat Joseph Suryadi menjadi tertuduh pelaku penistaan agama ini terjadi setelah ponsel tersebut hilang. Menurutnya lagi, Joseph Sunarno telah lapor ke Polda Metro Jaya atas kejadian ini.

"Nah begitu hilang itulah akhirnya digunakan untuk itu. Begitu hilang karena ini masalah IT dan dia udah datang ke Polsek akhirnya kita arahkan ke Polda Metro Jaya untuk melaporkan HP-nya ilang itu. Dengan HP-nya ilang itu kan akhirnya dipake untuk begitu (posting penghinaan nabi-red) gitu loh," jelasnya.

Tagar #TangkapJosephSuryadi Ramai di Twitter

Tagar #TangkapJosephSuryadi trending di Twitter. Para pengguna Twitter ramai-ramai melaporkan pria bernama Joseph Suryadi dengan memensyen akun @DivHumas_Polri.

Sebuah foto pria yang disebut-sebut adalah Joseph Suryadi turut disertakan di postingan para pengguna Twitter tersebut. Joseph Suryadi dituding telah menistakan agama dan melecehkan Nabi Muhammad SAW.

"Met pagi @DivHumas_Polri. Bantu tangkap penghina agama. Ini alamatnya min: Tanjung Duren Utara x/7 no.xxx. Terimakasih atas perhatiannya," cuitan akun @Na****Ang*****.

Akun tersebut memposting dua foto. Yang pertama adalah tangkapan percakapan WhatsApp dari sebuah nomor yang mengirimkan karikatur ke sebuah grup.

Kemudian foto berikutnya adalah foto seorang pria berkacamata memakai kaus dan celana pendek warna biru. Pria itu disebut-sebut Joseph Suryadi, yang diduga melecehkan Nabi Muhammad SAW.

Adapun hastag #TangkapJosephSuryadi ini trending karena sebuah nomor mengirimkan karikatur yang disertai caption: "Usia Aisah selalu berubah saat dikawinin Nabi, bukan tambah usia, tambah MUDA, YG PENTING NGA****NYA.....SAMA SEPERTI UZTADZ HW".

Postingan dari nomor ponsel +6281210****** itu diduga milik Joseph Suryadi. Pemilik akun Twwitter itu juga menuliskan alamat rumah Joseph Suryadi di Tanjung Duren, Jakarta Barat.

Baca juga :