Kenang Tsunami 2004, Erdogan: Saya Bersyukur Bisa Melihat Langsung Saudara Kami di Aceh

[PORTAL-ISLAM.ID]  Doa terbaik disampaikan Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan saat menghadiri acara “Diaspora Aceh Global Forum” yang digelar virtual pada hari ini, Minggu (26/12). Acara ini digelar Diaspora Aceh Global Forum untuk mengenang 17 tahun tsunami Aceh tahun 2004 lalu.

"Saya sangat terhormat bisa hadir dalam acara Global Aceh Diaspora sebagai peringatan 17 tahun Aceh. Semoga para korban yang mengalami tragedi tsunami Aceh 2004 dapat perlindungan dari Allah dan yang meninggal dunia mendapatkan rahmat dari Allah,” ujarnya saat memberi sambutan.

Erdogan lantas mengurai bahwa Indonesia dan Turki memiliki hubungan yang baik hingga saat ini. Kedua negara saling membantu, terutama dalam hal kebencanaan, di mana kala itu badai tsunami menewaskan ratusan ribu jiwa dan meluluhlantakkan infrastruktur di Aceh.

“Saya teringat Sultan Aceh Alauddin menangis meminta pertolongan kepada kami. Hari ini kita melanjutkan solidaritas kita dengan saudara kita Indonesia. Sebagaimana Rasulullah bersabda sesama muslim adalah saudara,” katanya.

Erdogan menyampaikan Turki akan selalu hadir ketika Indonesia mengalami bencana. Sebab sebagai saudara, Turki juga merasakan sakit saat Indonesia berjuang melawan bencana.

“Kebahagiaan Indonesia juga menjadi kebahagiaan kami. Meski jarak kita berjauhan, tapi terima kasih kepada Allah, kami tidak meninggalkan saudara kami di Indonesia selama masa sulit itu,” sambungnya.

Saat tsunami Aceh, kenang Erdogan, warga Turki yang merasa sedih lantas menggalang dana, baik materil maupun immateril kepada Indonesia.

Sejumlah LSM di Turki juga bergerak membantu Indonesia untuk pulih dari bencana. Selain masyarakat Turki, pemerintah Turki juga turun tangan membantu.

"Red Crescent and Turkey Cooperation and Cooperation Agency (TIKA) dengan cepat ke lokasi bencana dan mendampingi warga Aceh serta mendampingi untuk proses pemulihan Aceh. PM Turki juga memberikan perhatiannya kepada Aceh dengan secara langsung datang ke Indonesia setelah tragedi,” tuturnya.

“Saya juga kala itu bersyukur bisa hadir dan menjadi saksi mata melihat langsung saudara kami di Aceh,” sambung Erdogan.

Adapun total bantuan yang diberikan oleh Turki untuk memulihkan Aceh kala itu sebanyak 75 juta dolar AS. [rmol]