IYC 2021 Ditunda Lantaran Kebijakan Pemerintah Terkait Covid Varian Baru, Real Madrid dan Barcelona Batal ke Indonesia, Sudah Diduga?

[PORTAL-ISLAM.ID]  Penyelenggaraan International Youth Championship (IYC) 2021 diputuskan resmi ditunda. Hal itu lantaran adanya kebijakan baru dari Pemerintah Indonesia terkait program pencegahan adanya varian baru virus corona.

Kebijakan baru tersebut membuat pihak penyelenggara sulit menggelar turnamen sesuai dengan jadwal yang sudah ditetapkan sebelumnya.

Sebelumnya, IYC 2021 direncanakan digelar di Bali (Stadion Kapten I Wayan Dipta) dan Jakarta (Jakarta International Stadium) pada 4-11 Desember 2021.

Ada empat tim yang berpartisipasi pada ajang ini, yakni Indonesia All Star, Barcelona U-18, Real Madrid U-18, dan Atletico Madrid U-18.

Event ini pun digelar dengan tujuan bisa lebih menyosialisasikan bahwa pariwisata Indonesia sudah aman untuk didatangi. Terlebih, Bali merupakan salah satu ikon pariwisata Indonesia.

Selain itu, IYC 2021 juga menjadi bagian dari soft launching Jakarta International Stadium yang merupakan stadion modern teranyar di Ibu Kota.

“Kami baru menerima pemberitahuan ini secara mendadak mendekati tanggal penyelenggaraan,” kata Gede Widiade, Chairman Pancoran Soccer Field selaku penyelenggara turnamen.

"Kami menghormati keputusan Pemerintah Indonesia dan memutuskan menunda event International Youth Championship 2021. Bagaimana pun, kesehatan menjadi prioritas utama," cetusnya.

Seperti diketahui, seluruh tim peserta sebenarnya sudah melakukan persiapan untuk mengikuti IYC 2021. Tim Indonesia All Star yang dilatih Ilham Romadhona pun telah siap untuk bertanding. 

Namun dengan adanya keputusan ini, tim yang diperkuat beberapa eks pemain timnas Indonesia U-16 tersebut mesti menunda keinginan mereka bertanding melawan tiga klub papan atas Spanyol.


***

Batalnya ajang internasional untuk soft launching Stadion JIS ini ditanggapi ramai netizen.

"Sudah Ku duga ,semua taulah ??" komen singkat @MYusuf47942095.

"Mengapa Pemerintah pusat Indonesia terkesan "berkompetisi" dengan Pemerintah Daerah DKI. Why... Ini kan bukan pemilu atau lomba paling tenar antar unsur pemerintah. Jika Mandalika saja boleh, kenapa pertandingan bola ditunda?" ujar @rudisetiadi72.

"Mereka meriang takut Pak Anies makin populer, gak ngaruh kok dgn penundaan, yg penting jangan tunda Pak Anies utk jadi Presiden 2024, halloooow," kicau akun @rahmaniarbaftim.