Hanya Makan Nasi Kotak di Piala AFF 2020, Shin Tae-yong Khawatirkan Fisik Skuad Timnas Indonesia

[PORTAL-ISLAM.ID]   Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, mengaku khawatir dengan fisik anak asuhnya yang selama di Piala AFF 2020 yang hanya diberi nasi kotak untuk asupan gizi. 

Dengan jadwal ketat yang harus dilalui dengan bertanding dalam kurun waktu tiga hari sekali, Shin Tae-yong mengatakan makanan tersebut tak cukup untuk memulihkan fisik pemain Indonesia. 

Terlebih lagi, Evan Dimas dkk akan menghadapi laga pamungkas final Piala AFF 2020 dalam dua leg pertandingan melawan Thailand. 

“Ya, kami tidak memiliki waktu banyak untuk istirahat,” kata Shin Tae-yong dalam konferensi pers jelang final Piala AFF 2020, Selasa (28/12/2021). 

“Memang ini bagian yang sangat-sangat sulit bagi saya untuk pemulihan fisik. Apalagi kami lagi di dalam bubble tidak bisa makan yang bergizi, agar cepat pulih," lanjut Shin. 

"Kami hanya makan nasi kotak, nutrisi pemain akan kurang. Itu yang jadi perhatian di sini, saya khawatir,” ujarnya. 

Selain masalah tersebut, pelatih asal Korea Selatan itu juga menyoroti masalah teknis di timnya jelang melawan Thailand di final Piala AFF 2020.

Ia mengatakan Indonesia masih lemah saat bertahan dalam situasi set piece yang tercermin dalam laga melawan Singapura di semifinal. 

Meski begitu, Shin Tae-yong tetap yakin timnya bisa menjadi juara. Ia pun bertekad untuk menanamkan mental juara kepada skuad Indonesia agar semakin tangguh kedepannya. 

“Tentu saja saya ingin menjadi juara tetapi mengangkat trofi tidak terjadi hanya karena Anda menginginkannya," kata Shin. 

"Menjadi juara datang ketika Anda melakukan yang terbaik di setiap pertandingan."

“Sebagai pelatih saya telah memenangkan lebih dari 20 gelar dan dari pengalaman itu saya ingin menanamkan mental yang kuat pada para pemain dan mencoba menjadi juara." 

"Mentalitas itu adalah sesuatu yang terus-menerus saya ceritakan kepada para pemain," pungkas Shin Tae-yong. 

Timnas Indonesia akan menghadapi Thailand pada leg pertama final Piala AFF 2020 di National Stadium Singapura, Rabu (29/12/2021) besok. 

Laga leg kedua Indonesia vs Thailand digelar tiga hari kemudian pada Sabtu (1/1/2022) di tempat yang sama. 

Meski menggunakan sistem dua leg, tidak ada keuntungan gol tandang di final Piala AFF 2020.

Jika kedua tim imbang selama 2x90 menit pertandingan, laga akan berlanjut ke extra time hingga adu penalti untuk menentukan pemenang. [kompas]