BaguDUNG

BaguDUNG

Oleh: Azwar Siregar
 
Orang Medan pasti sering mendengar kata "Bagudung". Kata umpatan yang biasa digunakan kepada seseorang yang dianggap manusia ngga jelas.

Saya sendiri tidak pernah tahu apa arti sebenarnya dari "Bagudung". Kabarnya arti Bagudung adalah Tikus dalam bahasa Batak.

Tapi saya sering menggunakan kata ini kepada seseorang yang saya anggap manusia tidak berguna. Misalnya anak yang durhaka kepada orang tuanya. Atau seorang Muslim yang kurang ajar kepada Ulama.

Ciri-ciri orang Bagudung ini sangat mudah. Misalnya sok hebat. Sok kuat. Misalmya bangga menjadi pemberantas Baliho Ulama.

Bagudung selain jahat tapi sebenarnya juga pengecut. Hanya berani ribut kepada seseorang atau kelompok yang dia anggap lemah. Giliran sama-sama kuat akan dia aku-aku sebagai saudara.

Bagudung ini juga sejenis najis. Memang tidak senajis Anjing atau Babi. Tapi justru karena najisnya tanggung dia bisa masuk kemana-mana. Bisa masuk Masjid, kencing dan membuang kotoran dimana-mana. Namanya juga Tikus!

Cuma namanya binatang ya kita maklumi saja. Asal jangan sampai ada manusia yang bersifat seperti Bagudung. Sungguh laknat dan menjijikkan!

(fb)