SELAMAT MILAD MUHAMMADIYAH KE-109 TAHUN: Muhammadiyah Ikhlas Untuk Membangun Bangsa

SELAMAT MILAD MUHAMMADIYAH KE-109 TAHUN

Bila dihitung dengan Kalender Masehi, maka pada hari ini adalah Peringatan Hari Berdirinya Muhammadiyah yang ke 109.

Muhammadiyah, organisasi yg bergerak dalam bidang da'wah Islam, amar ma'ruf nahi mungkar, berdiri pada tanggal 18 November 1912, bertepatan dengan 8 Dzulhijjah 1330 H.

Muhammadiyah udah tua umurnya 109 tahun. Tapi makin tua bukan makin lemah tapi makin semangat membangun negeri. Semangat mencerdaskan bangsa di tengah pandemi covid 19. 

Bukan mau ungkit-ungkit apa sudah dilakukan oleh Muhammadiyah tapi bangsa ini kalau tidak ada Muhammadiyah maka makin jadi gersang bangsa ini.

Muhammadiyah ikhlas untuk membangun bangsa. Muhammadiyah tidak membebani negeri. Apalagi mau ngemis-ngemis kepada pemerintah supaya dapat proyek. 

Gedung-gedung Muhammadiyah menjulang tinggi tidak sepersenpun ngemis ke pemerintah. Semua dari swasembada warga Muhammadiyah. Kaya, miskin, pengusaha, petani, pejabat atau rakyat jelata bahu membahu membangun di Muhammadiyah untuk kepentingan bangsa dan negara.

Jadi sangat salah kalau ada yang beranggapan Muhammadiyah memanfaatkan masa rezim tertentu. Muhammadiyah tidak pusing siapa yang mau memimpin negeri ini selama dia anak bangsa terpilih melalui pemilu yang sah maka Muhammadiyah tidak ambil pusing. Namun sebagai warga negara yang sah tidak salah kalau ada pengurus dan warga Muhammadiyah mengkritisi pemerintah.

Muhammadiyah tidak boleh berpolitik tapi warganya tidak dilarang berpolitik atau bicara politik. 

Selamat Milad Muhammadiyah yang ke 109. Mudah mudahan amal usahanya terus berkembang dalam membangun masyarakat yang lebih maju, lebih sejahtera dan lebih terdidik. Dan semangat keswadayaan, gotong royong, semangat ta-awun di kalangan warganya terus membesar tak pernah padam.

(Ariadi Ummat)