Kader PSI Rian Ernest Akui Kehebatan Anies Baswedan

[PORTAL-ISLAM.ID] JAKARTA – Salah satu partai politik yang tidak pernah berhenti mengkritisi Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan selama ini adalah Partai Solidaritas Indonesia (PSI). Apapun yang dilakukan oleh Anies selalu salah di mata mereka.

Namun, dibalik kritikan dan bully-an itu ada kekaguman tersendiri yang dirasakan oleh kader PSI Rian Ernest Tanudjaja. Politisi PSI yang kerap muncul di acara-acara talk show televisi swasta ini sangat kagum dengan mantan menteri pendidikan dan kebudayaan itu.

“Beliau sosok politisi yang aduh ampun deh geleng geleng, tapi memang kemampuan orasinya luar biasa, public speaking-nya luar biasa,” akui Ernest dalam video pendek di media sosial TikTok yang dikutip KBA News, Jumat, 25 November 2021.

Video pendek yang diunggah oleh @totalpolitikid di media sosial TikTok kemudian viral karena sangat sulit mendapatkan atau mendengar pengakuan PSI soal kecerdasan dan keberhasilan Anies dalam memimpin Kota Jakarta selama empat tahun terakhir ini.

“Masalahnya dulu kalau kita lagi pelatihan, ada yang nanya kan, pak ini jalan politik enggak? Dia jawab keren bos, terbius lah dengan venom ular, tertidur kita semua,” ujarnya.

Menurut Ernest, kecerdasan Anies ini karena dirinya dulu adalah seorang akademisi, hingga apapun yang ditanya pasti dijawab dengan lugas. Apalagi, metode yang digunakan oleh Anies adalah scientific.

Scientific sendiri adalah pembelajaran yang menggunakan kaidah-kaidah keilmuan. Pendekatan scientific atau metode ilmiah pada umumnya memuat serangkaian aktivitas pengumpulan data melalui observasi, menanya, eksperimen, mengolah infomasi atau data, kemudian mengkomunikasikan.

“Dan dulukan gua belum politik banget, artinya kan dulu gimana sih Pak Anies kan bungkusannya akademisi, ya kalau akademisi lu tau ya dia jawab pasti lu asumsikan scientific,” ucapnya.

Diakhir video yang berdurasi satu menit itu, mantan staf ahli hukum eks Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahja Purnama alias Ahok itu mengakui Anies Baswedan adalah sosok yang pintar, dan sosok yang terbuka.

“Memang dia akademisi, rektor bos, dia rektor, dia pintar kita tanya hard questions dia buka-bukaan, yaudah kita terima aja masa kita mau suudzon terus, kita husnudzon lah,” tutup Ernest.

Video pendek itu kemudian menjadi viral dan dikomentari oleh 500 lebih pengguna twitter. Dan banyak yang sejalan dengan anakb uah Giring Ganesha itu bahwa Anies Baswedan memang figur yang cerdas dan bukti kerjanya sangat banyak di Jakarta. 

*Sumber: kba