Warga Jakarta Tak Sabar Anies Baswedan Resmikan JIS

[PORTAL-ISLAM.ID] JAKARTA – Warga DKI Jakarta sudah tak sabar menunggu Gubernur Anies Baswedan meresmikan Jakarta International Stadium (JIS), stadion bertaraf internasional yang disebut-sebut masuk 10 stadion terbaik di dunia.

Sejauh ini, pembangunan JIS yang berlokasi di Papanggo, Tanjung Priok, Jakarta Utara tersebut sudah mencapai 76,52 persen.

"Aku mengikuti perkembangan JIS dari pertama kali pemasangan tiang pancang. Tiap minggunya melihat perkembangan dan salut untuk para pekerjanya, tetap semangat.... Kalian bagian dr sejarah. Semoga nanti aku dapat kesempatan untuk hadir pembukaan JIS, saya akan ajak anak isteri buat melihat kemegahan maha karya anak bangsa," kata shareefa_almahyra di komentar IG.

"Belum jadi aja udh keren banget๐Ÿ˜," komen adehamzah_.

"Klo malam cakep banget lampunya keliatan dr rumah ๐Ÿ˜๐Ÿ˜," timpal ma_mi4362.

Sementara itu, Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta, M Taufik ingin peresmian JIS dilakukan pada saat Anies masih menjabat sebagai orang nomor satu di Ibu Kota.

Oleh karena itu, M Taufik mendesak agar pihak Jakpro bisa segera menyelesaikan pembangunan itu tepat waktu, sebelum jabatan Gubernur Anies berakhir pada Oktober 2022 nanti.

“Ini insya Allah menjadi legacy pemerintahan. Kami berpesan tolong ini diselesaikan secara baik, tepat waktu. Pak Gubernur Anies itu umurnya sampai 17 Oktober 2022, jangan lewat 17 Oktober. Jadi peresmian-peresmian itu harus sebelum 17 Oktober,” ucapnya  Jumat, 22 Oktober 2021.

Rencananya soft launching JIS akan digelar pada 10 Desember 2021. Lalu pada Maret 2022, akan digelar grand launching JIS.

JIS merupakan stadion yang dirancang memenuhi standar Federation Internationale de Football Association (FIFA) dengan kapasitas 82.000 penonton.

JIS dilengkapi atap buka-tutup secara otomatis dan menjadikan satu-satunya stadion yang megusung teknologi terkini di Indonesia.

Diketahui, JIS dibangun di atas lahan seluas 221.000 meter persegi dengan anggaran Rp 4,08 triliun, JIS yang memiliki sky viewing deck di ketinggian 70 meter ditargetkan akan rampung pada 2021 ini.

JIS juga direncanakan akan memiliki fasilitas restoran, ruang VIP dan ruang ganti yang mewah. Begitu juga faktor penunjang lainnya seperti lahan parkir yang mampu menampung 800 mobil di parkir VIP dan VVIP dan 100 bus.

Begitu juga perlintasan jalur kereta api, LRT Jakarta dan MRT Jakarta tengah dibangun seiring dengan pembangunan JIS yang diharapkan dapat diresmikan Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan pada Desember 2021 dan Maret 2022.