Mudah-mudahan MASTER L Bisa Mengikuti Jejak Leluhurnya yang Menjadi Penyebar Agama Islam

MASTER L ATAU A?

Oleh: Iwan Mahmoed Al Fattah*

Pagi ini baca di salah satu grup sejarah..eh yang dibahas adalah Master LimbadπŸ™‚ biografinya ditulis asli kelahiran Tegal bernama Salim Babad ...dalam hati.. yakin??? πŸ™‚

Saya sih cuman senyum aja...kenapa...? Karena sekitar 4 atau 5 tahun lalu saat saya masih serius menulis tentang dunia SILSILAH, tiba-tiba ada seorang yang menelpon saya..ternyata dia berasal dari kampungnya emak dan bapak saya. 

Dan kebetulan udah berapa kali nelpon nanyain tentang bagaimana sebenarnya silsilah keluarganya... orang tersebut kemudian bilang bahwa adiknya juga mau ngomong sama saya.... jrenggg... adiknya itu ternyata Magician terkenal.

Cuma namanya juga seniman aneh, ada aja deh kilahnya waktu saya tanya...."Ini yang Master L yang di tv bukan ?"

Jawabnya "bukan!" πŸ˜€ 

Dengan nada tinggi dia lanjutkan, "Kalau kamu mau tahu siapa L datang aja ke RCTI dan gak bakal dia ngomong.....tapi kalau mau tahu siapa A....I inilah orangnya yang cerewet....!" 

Waduh...aneh juga nih orang.....padahal orangnya ya dia dia jugaπŸ˜€ dasar seniman aneh πŸ˜€ 

Tapi saya sih tetap menghargai dia, mungkin itu trik dia sebagai seorang seniman.

Hampir satu jam ngobrol dan orangnya sih asyik... saya juga menjelaskan bagaimana sejarah singkat leluhurnya dari mulai Jawa sampai bisa tiba di Komering sekaligus juga bagaimana silsilahnya. Saya bilang ke dia....saya ini manggil abang...om atau apa ya...? Dia bilang panggil kakak aja... pas saya tanya ibu saya gimana kedudukan panggilan yang tepat...ternyata memang jatuhnya adik dan kakak.

Setelah selesai telponan saya nanya dong ke emak saya... benar gak kalau Si L ini masih saudaraan satu BANI AL FATTAH sama kita? Masalahnya ane juga kan gak mau dianggap ngaku ngakuin turunan orang... apalagi kalau dia juga gak ngaku... wah repot deh. Nah emak ane pun kemudian langsung beberin semuanya deh...

Bapak Emaknya si L itu asli dari Kampung Gunung Batu di Ogan Komering Ulu (OKU) Sumsel, satu kampung sama kakeknya Riani Jangkaru yang bernama Abdullah Jangkaru (Kakeknya ini dikenal karismatik dan saya udah pernah ketemu), termasuk saya juga dengar kabar bahwa Gubernur Sumsel saat ini (Herman Deru) leluhurnya turunan dari kampung tua itu. 

Bapaknya L berpangkat Kapten dan seorang ahli agama dan ibunya juga Guru Agama. Keluarganya dikenal agamis, benar-benar agamis dan bukan kaleng kaleng. 

Kampung keluarga L memang banyak muncul ulama bahkan ada yang menjadi ulama besar di Palembang. Kampung itu disebut "Kampung 1" masih satu wilayah dengan emak saya. Mungkin sekarang sudah diganti dan di kampung itu hampir semua keturunan Raden Fattah dari jalur Pangeran Mas Waliyullah penyebar agama Islam. 

Sedangkan di kampung yang jadi "rivalnya" kampung 1 bernama kampung "Tengah Riki" yang juga keturunan Raden Fattah dari jalur Arya Penangsang dan lebih banyak dikenal banyak terdapat ahli pencak silat dan turun temurun jadi kepala desa. 

Dan L sendiri berapa kali ziarah ke makam tersebut disaksikan berapa orang yang kemudian menyampaikan kepada saya.

Kalaupun L tidak mengaku, ya gak apa apa... mungkin itu cara dia melakukan marketing... 

Namun Insya Allah apa yang saya sampaikan gak mengada-ada karena hampir semua kerabat Bapak dan Emak saya sudah pernah saya tanya dan membenarkan kalau magician eksentrik itu ibu bapaknya asli dari DESA GUNUNG BATU OKU TIMUR SUMATRA SELATAN. 

Kampung yang dikenal dengan "watak khasnya", kampung yang memiliki semboyan "kami tidak pernah menjajah namun jangan coba-coba menjajah kami", kampung yang menjunjung tinggi para ulama dan orangtua, kampung yang sejak dulu dikenal pantang tunduk kepada penguasa zolim manapun. Desa yang didirikan Keluarga Besar Raden Fattah dari Kesultanan Demak dantara tahun 1549 - 1555 M. 

Mudah-mudahan L bisa mengikuti jejak leluhurnya yang menjadi penyebar agama Islam.

*fb penulis (31/10/2021)