Komisi Independen: 3.000 Pastor Gereja Katolik Prancis Terlibat Kasus Pedofil

[PORTAL-ISLAM.ID]  Laporan mengejutkan disampaikan oleh Komisi Independen Prancis yang mengungkapkan bahwa ada dugaan ribuan kejahatan seksual yang dilakukan pemuka gereja terhadap anak-anak.

Gereja Katolik Prancis diperkirakan memiliki 3.000 pedofil dalam jajarannya selama 70 tahun terakhir. Laporan itu diungkap oleh Komisi Perancis yang menyelidiki skandal pelecehan seks itu.

"Kami memperkirakan jumlah (pedofil) mencapai 3.000, dari 115.000 pastor dan pejabat agama, kembali ke tahun 1950-an," kata kepala komisi independen Jean-Marc Sauve kepada surat kabar Journal du Dimanche pada Minggu (3/10/2021).

Komisi Perancis akan mempublikasikan temuannya pada Selasa (5/10/2021). Laporan itu akan menandai puncak dari kerja dua setengah tahun, menyelidiki tuduhan pelecehan yang menarik kembali ke 1950-an.

Skandal di Gereja Prancis adalah yang terbaru melanda Gereja Katolik Roma yang telah diguncang oleh skandal pelecehan seksual di seluruh dunia. Skandal ini sering melibatkan pelecehan terhadap anak-anak, selama 20 tahun terakhir.

Gereja Katolik Prancis mengunggah doa di akun Twitter resminya atas nama para korban  pada Minggu (3/10/2021). Mereka juga akan mengadakan doa pada 5 Oktober yang bertepatan dengan dari penerbitan laporan.

"Ya Tuhan, kami mempercayakan kepada Anda semua yang telah menjadi korban kekerasan dan serangan seksual di Gereja. Kami berdoa agar kami selalu dapat mengandalkan dukungan dan bantuan Anda selama cobaan ini," tulisnya di akun Twitter Gereja Katolik Prancis.

Gereja Prancis telah mengalami penurunan jumlah umat dalam beberapa tahun terakhir. Tempat itu mengatakan pada Maret akan mengajukan kompensasi finansial kepada mereka yang menjadi korban pelecehan.

Seorang juru bicara yang mewakili gereja Katolik Prancis menolak mengomentari pernyataan yang disampaikan Komisi Independen. Sementara juru bicara Vatikan mengatakan akan menunggu laporan lengkap diterbitkan sebelum memutuskan apakah akan berkomentar. Pada Juni, Paus Fransiskus mengatakan krisis pelecehan seksual Gereja Katolik adalah malapetaka di seluruh dunia.

Sejak pemilihan pada 2013, Paus Fransiskus telah mengambil serangkaian langkah yang bertujuan untuk menghapus pelecehan seksual terhadap anak di bawah umur oleh para pastor. Pada 2019, Paus mengeluarkan dekrit penting yang membuat para uskup bertanggung jawab langsung atas pelecehan seksual atau menutupinya.

Dalam dekrit itu, Paus mengharuskan para uskup untuk melaporkan kasus apa pun kepada atasan Gereja. Dia mengizinkan siapa pun untuk mengeluh langsung ke Vatikan jika diperlukan.

Tahun ini, Paus mengeluarkan revisi paling ekstensif terhadap undang-undang Gereja Katolik dalam empat dekade. Dia bersikeras bahwa para uskup mengambil tindakan terhadap pastor yang melecehkan anak di bawah umur dan orang dewasa yang rentan. Kritikus mengatakan dia belum melakukan cukup banyak.

[VIDEO Liputan FRANCE24 - Pelecehan seksual di Gereja: sekitar 3.000 pedofil diidentifikasi, menurut laporan Sauvé] 
Baca juga :