KH. Luthfi Bashori: SAMPAIKAN KEBENARAN, JANGAN TAKUT DIBULLY

SAMPAIKAN KEBENARAN, JANGAN TAKUT DIBULLY

Menyampaikan kebenaran syariat itu sangat berat, apalagi dekat akhir jaman seperti saat ini. Karena di kalangan masyarakat, cukup banyak orang Islam yang merasa asing dengan hakikat ajaran Islam.

Maka tatkala ada pihak yang menyampaikan hakikat ajaran Islam, namun dirasa tidak mencocoki selera dan keinginan orang banyak, tak jarang sang penyampai kebenaran syariat itu dibully oleh banyak orang.

Islam itu, dulu saat pertama datangnya ke tengah masyarakat jahiliyah Quraisy adalah asing di telinga mereka. Kata Rasulullah SAW, nanti pun di akhir-akhir kehidupan dunia, maka Islam pun akan terasingkan pula.

Di saat ajaran Islam mulai ditinggalkan oleh masyarakat jahiliyah modern, maka Allah mengirim orang-orang pilihan yang berani menyampaikan kebenaran Islam, walaupun setiap saat dibully oleh banyak orang.

Namun Rasulullah SAW tetap menjamin orang-orang pilihan tersebut, sebagaimana dalam sabda beliau yang diriwayatkan oleh Imam Al-Asbahani: “Ada tiga macam orang yang kelak dapat berbincang-bincang di bawah naungan ‘Arasy dengan penuh rasa aman, sedangkan pada saat itu manusia berada dalam penghitungan amal, yaitu:

1. Seseorang yang tidak takut terhadap celaaan orang yang membully-nya, demi melaksanakan perintah Allah.

2. Seseorang yang tidak pernah memanjangkan tangannya kepada barang yang diharamkan oleh Allah atas dirinya.

3. Seseorang yang tidak pernah memandang hal-hal yang diharamkan oleh Allah baginya.

Ketiga macam orang ini, kelak di hari Kiamat berada di bawah naungan ‘Arasy dengan rasa aman dan tenang, tiada ada sesuatu pun yang mereka khawatirkan. Mereka berbincang-bincang di antara sesama mereka di bawah naungan ‘Arasy, padahal semua manusia ketika itu sedang menjalani hisabnya masing-masing di padang Mahsyar.

(KH. Luthfi Bashori)