Vaksin Mengandung Chip?

𝐕𝐚𝐤𝐬𝐢𝐧 𝐃𝐢𝐬𝐮𝐬𝐮𝐩𝐢 𝐑𝐅𝐈𝐃 𝐂𝐡𝐢𝐩???

Oleh: Arsyad Syahrial

Akun gaje penyebar hoax ini berusaha membuktikan bahwa vaksin disusupi chip sehingga ketika Bluetooth hape-nya dihidupkan maka terdeteksi MAC address yang dikatakannya sebagai MAC address chip yang disusupkan via vaksin.

Baiklah… saya tak ingin membahas dari sisi teknis, ada teman-teman lain yang lebih paham tentang itu. Namun saya ingin membahasnya dari sisi "ekonomi".

Iya, sisi "ekonomi". Karena memangnya chip RFID (Radio Frequency IDentification) itu murah apa?

Tagging RFID yang digunakan di corrugated box saja harganya $0,25 per piece, dan seperti juga barang teknologi lainnya, semakin kecil dimensinya chipnya, maka semakin mahal pula harganya. Misalnya tag RFID yang digunakan untuk binatang kucing / anjing, harganya sekitar $10 per piece. Itu bentuknya mirip potongan batang lidi, dan dimasukkannya di bawah kulit dengan cara ditoreh.

Maka kebayang kan kalau ukurannya dibuat lebih kecil lagi, tentunya harganya akan semakin mahal pula, bukan? Apalagi kalau sampai bisa dimasukkan ke tubuh via injeksi syringe? Tentunya harus lebih kecil dari butiran pasir (bisa menyumbat syringe kalau masih sebesar butiran pasir).

Maka tentunya jadi pertanyaan, point-nya mengeluarkan uang untuk mengetrack jutaan orang seperti: Paimin yang tukang tambal ban, Karjo yang pemulung, Inem yang bakul jamu, Joko yang kuli angkut, Ijah yang buruh tani itu apa? 

Iya dong, investasi sekian trilyun di RFID tagging untuk ratusan juta orang itu untuk apa?

(*)