Transkrip Lengkap: Konferensi Pers Perdana Taliban

[PORTAL-ISLAM.ID] KABUL - Setelah pengambilalihan kekuasaan di Afghanistan, Imarah Islam Afghanistan (IIA) atau yang lebih dikenal dengan sebutan Taliban, telah mengadakan konferensi pers resmi pertamanya di Kabul, Selasa (17/8/2021), menyatakan bahwa mereka menginginkan hubungan damai dengan negara-negara lain.

Konferensi Pers disampaikan Juru Bicara Taliban Zabihullah Mujahid. 

Berikut transkrip lengkapnya yang kami peroleh dari Al Jazeera (video disertakan di bawah).

***

Kami telah mengusir orang asing dan saya ingin mengucapkan selamat kepada seluruh bangsa atas ini.

Ini suatu kebanggaan, bukan hanya untuk segelintir orang. Ini adalah momen yang membanggakan bagi seluruh bangsa. Kebanggaan semacam ini jarang terjadi. Seluruh bangsa, setelah seluruh sejarah yang dilalui, dan oleh karena itu, atas dasar ini saya ingin mengucapkan selamat kepada seluruh bangsa dan saya ingin menyambut kalian.

Kebebasan dan pencarian kemerdekaan adalah hak yang sah dari setiap bangsa. Orang Afghanistan juga menggunakan hak mereka yang sah setelah 20 tahun berjuang untuk kebebasan dan untuk membebaskan negara dari pendudukan, ini adalah hak kami dan kami mencapai hak ini.

Dan kami ingin mengucapkan rasa syukur terima kasih kepada Allah subhanahu wata’ala karena telah membawa kami ke tahap ini. Saya ingin berterima kasih kepada Allah karena telah memberikan kebebasan kepada bangsa ini. Imarah Islam, setelah kebebasan bangsa ini tidak akan [melakukan] balas dendam [pada] siapa pun, kami tidak punya dendam terhadap siapa pun.

Kami tahu bahwa kami telah mengalami periode dan krisis yang sangat menantang, banyak kesalahan yang dibuat yang menguntungkan penjajah. Kami ingin memastikan bahwa Afghanistan bukan lagi medan pertempuran atau medan konflik lagi.

Kami telah memaafkan siapa pun, semua orang yang telah berperang melawan kami. Kami tidak ingin mengulangi konflik lagi. Kami ingin menyingkirkan faktor-faktor konflik. Oleh karena itu, Imarah Islam tidak memiliki permusuhan atau permusuhan apa pun dengan siapa pun; permusuhan telah berakhir dan kami ingin hidup damai. Kami tidak menginginkan musuh internal dan musuh eksternal.

Tidak diragukan lagi, kita berada pada tahap yang sangat bersejarah. Saudara-saudara kami yang telah menunggu, saya ingin meyakinkan bahwa setelah konsultasi yang akan segera selesai, kita akan menyaksikan pembentukan pemerintahan Islam yang kuat dan inklusif, In syaa Allah, In syaa Allah. Saat pasukan Imarah Islam memasuki Kabul sekarang perkembangan besar yang telah berlangsung ini, kami tidak memiliki korban. Ada beberapa perusuh yang ingin mengambil keuntungan, ingin menyalahgunakan situasi, ini menjadi perhatian kami. Kami menyadari bahwa itulah yang sedang terjadi, tetapi kami ingin meyakinkan penduduk Kabul untuk keamanan penuh, untuk perlindungan martabat dan keamanan dan keselamatan mereka.

Keamanan telah terjamin. In syaa Allah makin hari makin aman. Setelah memastikan keamanan, Afghanistan, khususnya di Kabul, di mana banyak kedutaan. Keamanan kedutaan sangat penting, sangat penting bagi kami.

Pertama, kami ingin memastikan bahwa area di mana ada kedutaan, akan ada keamanan lengkap. Oleh karena itu semua negara asing dan perwakilan Anda, kedutaan Anda, misi Anda, organisasi internasional, badan bantuan, saya ingin meyakinkan Anda bahwa kami tidak akan membiarkan siapa pun melakukan apa pun terhadap Anda. Keamanan Anda terjamin. Pasukan kami ada 24 jam sepanjang waktu untuk memastikan keamanan Anda, tidak diragukan lagi. Kami tidak ingin melihat kekacauan, ketidaknyamanan di Kabul. Rencana kami adalah berhenti di gerbang Kabul setelah merebut semua provinsi lain, sehingga proses transisi selesai dengan lancar tanpa kami memasuki Kabul, sehingga kami menghentikan masalah dan bahaya dan kerusakan.

Namun sayangnya, pemerintah sebelumnya begitu tidak kompeten. Akibat perbuatan mereka. Pasukan keamanan mereka tidak dapat melakukan apa pun untuk memastikan keamanan dan kami harus melakukan sesuatu, kami harus bertanggung jawab. Jadi itulah alasannya: para pelaku dan perusuh. Mereka ingin menyalahgunakan nama Imarah Islam, memasuki rumah, atau melecehkan orang atau mencuri. Jadi kami, oleh karena itu, menginstruksikan pasukan kami untuk memasuki Kabul untuk memastikan, menghentikan semua ini dan untuk memastikan keamanan.

Jadi kami harus melakukan ini untuk memasuki Kabul untuk menghentikan para penjahat dan pelaku, sehingga kami menjamin keselamatan dan keamanan rakyat dan perlawanan Kabul. Oleh karena itu, penghuni harus yakin bahwa keamanan Anda terjamin.

Dengan cara yang sama, ketika sampai pada keadaan yang ingin saya pastikan, saya ingin meyakinkan masyarakat internasional, termasuk Amerika Serikat bahwa tidak ada yang akan dirugikan di Afghanistan. Saya ingin meyakinkan tetangga kami, negara-negara kawasan, kami tidak akan membiarkan wilayah kami digunakan untuk melawan siapa pun, negara mana pun di dunia. Jadi seluruh komunitas global harus diyakinkan bahwa kami berkomitmen pada janji ini bahwa Anda tidak akan dirugikan dengan cara apa pun dari tanah kami.

Masalah perempuan sangat penting. Imarah Islam berkomitmen untuk hak-hak perempuan dalam kerangka Syariah. Saudari kami, saudara laki-laki kami memiliki hak yang sama; mereka akan dapat memperoleh manfaat dari hak-hak mereka. Mereka dapat memiliki kegiatan di berbagai sektor dan area yang berbeda berdasarkan aturan dan peraturan kami: pendidikan, kesehatan, dan area lainnya. Mereka akan bekerja dengan kami, bahu-membahu dengan kami. Komunitas internasional, jika mereka memiliki kekhawatiran, kami ingin meyakinkan mereka bahwa tidak akan ada diskriminasi terhadap perempuan, tetapi tentu saja dalam kerangka yang kami miliki. Wanita kami adalah Muslim. Mereka juga akan senang hidup dalam kerangka Syariah kami.

Kami berharap bahwa segera setelah konflik dengan Afghanistan selesai, kami akan membangun infrastruktur ekonomi. Untuk ini kami akan mengambil tindakan untuk kegiatan ekonomi. Interaksi dengan komunitas internasional, dengan negara lain akan terus berlanjut. Kami akan bekerja pada sumber daya alam dan sumber daya kami untuk merevitalisasi ekonomi kami, untuk rekonstruksi kami, untuk kemakmuran kami.

Oleh karena itu Imarah Islam meminta seluruh masyarakat internasional bahwa insya Allah kami dapat segera, sebenarnya sangat cepat dapat mengubah situasi, negara secara ekonomi.

Setiap orang Afghanistan ingin meningkatkan kehidupannya. Jadi, seluruh masyarakat, seluruh masyarakat akan aktif dalam perdagangan, ekonomi, dan kami berkomitmen untuk memastikan keamanan dan setelah itu untuk membangun masyarakat kami, untuk melayani bangsa kami. Kami adalah abdi negara. Sebelum itu, kemaslahatan bangsa, baik di dunia ini maupun untuk dunia selanjutnya [akhirat].

Sekali lagi saya ingin meyakinkan media, kami berkomitmen pada media dalam kerangka budaya kami. Media swasta dapat terus bebas dan mandiri, mereka dapat melanjutkan aktivitasnya –dengan beberapa permintaan untuk media.

Satu, adalah bahwa Islam adalah nilai yang sangat penting di negara kita dan tidak ada yang boleh bertentangan dengan nilai-nilai Islam. Oleh karena itu, dalam aktivitas media, nilai-nilai Islam harus diperhitungkan dalam aktivitas media, ketika mengembangkan program Anda. Oleh karena itu, media harus tidak memihak. Ketidakberpihakan media sangat penting. Mereka dapat mengkritik pekerjaan kami, sehingga kami dapat meningkatkan.

Jadi Anda, anak muda di media juga harus memperhatikan [yang tidak terdengar] agar kami bisa melayani bangsa dengan lebih baik. Dan Anda juga harus ingin bekerja sesuai dengan itu, dengan cara yang sama. Sangat penting bahwa Afghanistan memberikan banyak kepentingan pada nilai-nilai nasional mereka, persatuan nasional, konsensus nasional. Media seharusnya tidak bekerja melawan nilai-nilai nasional ini, melawan persatuan nasional. Soal perbedaan suku, perbedaan agama dan permusuhan seharusnya tidak dipromosikan oleh media, mereka harus bekerja pada negara untuk persatuan bangsa untuk memiliki kehidupan persaudaraan yang damai.

Sekali lagi saya mengucapkan terima kasih kepada Anda semua untuk berpartisipasi dalam konferensi pers kami. Saya di sini untuk melayani Anda. Kami akan mengadakan lebih banyak konferensi pers. Jadi hari ini kita mungkin memiliki lebih sedikit waktu daripada di masa depan. Saya baru saja datang dari sebuah perjalanan. Saya hanya ingin memastikan kalian tidak akan menungguku. Jadi kita akan punya banyak waktu untuk berdiskusi di masa depan. Pertanyaan akan diajukan sekarang. Saya akan menjawab semua pertanyaan.

Pertanyaan pertama adalah dari Al Jazeera. Setiap orang akan memiliki kesempatan untuk bertanya. Charlotte Bellis dari Al Jazeera. Pertanyaannya adalah tentang hak-hak perempuan. Pertanyaannya, jaminan seperti apa yang akan diberikan untuk menjamin hak-hak perempuan.

Seperti yang saya sebutkan sebelumnya, kami akan mengizinkan perempuan untuk bekerja dan belajar dalam kerangka tertentu. Wanita akan sangat aktif dalam masyarakat, tetapi dalam kerangka Islam. Wanita adalah bagian penting dari masyarakat dan kami menjamin semua hak mereka dalam batas-batas Islam.

Pertanyaannya adalah tentang juru bahasa dan keamanan untuk juru bahasa. Saya telah bekerja untuk Amerika, juga, untuk kontraktor. Sayangnya, saya tidak bisa mendengar pertanyaan dari media.

Saya ingin meyakinkan semua rekan senegaranya, apakah mereka penerjemah, apakah mereka dengan kegiatan militer atau apakah mereka warga sipil, semuanya penting. Tidak ada yang akan diperlakukan dengan balas dendam. Baik pemuda yang memiliki talenta, yang tumbuh di sini, yang berasal dari negara ini, kami tidak ingin mereka pergi. Ini adalah aset kami, kami ingin mereka tinggal di sini, untuk melayani.

Kami ingin meyakinkan Anda bahwa tidak ada yang akan mengetuk pintu mereka untuk memeriksa mereka, bertanya atau menginterogasi mereka tentang kepada siapa mereka telah bekerja atau menerjemahkan. Jadi saya ingin meyakinkan Anda bahwa tidak ada kerugian yang akan [dilakukan]. Mereka akan aman.

Adapun kontraktor yang mungkin hilang seperti diberitakan media, kami tidak memiliki informasi tentang dia saat ini.

Saya ingin meyakinkan Anda bahwa di rumah Anda tidak ada yang akan menyakiti Anda, tidak ada yang akan mengetuk pintu Anda, tidak ada yang akan diinterogasi atau dikejar. Mereka yang mengetuk pintu orang untuk memeriksa rumah mereka, ini adalah pelaku dan mereka akan dikejar dan diselidiki.

Ribuan tentara yang telah memerangi kami selama 20 tahun, setelah pendudukan, semuanya telah diampuni. Mereka dengan keluarga di bandara menunggu, jika mereka kembali ke rumah mereka, tidak ada yang akan melakukan apa pun kepada mereka, mereka akan aman. Tidak ada yang akan memeriksa mereka di sana, kami memberi mereka kepercayaan diri.

[Pertanyaan tentang kampanye pemboman Taliban – ‘Apakah menurut Anda orang-orang Afghanistan akan memaafkan Anda?’]

Kami telah berjuang untuk semua orang dan ini untuk kepentingan stabilitas dan perdamaian di Afghanistan. Semua faksi adalah ayah dari A sampai Z.

Allah melarang, kami tidak melakukan sesuatu yang disengaja terhadap siapa pun. Jika selama perang dan konflik seseorang telah dirugikan secara tidak sengaja maka, ini adalah salah satu efek samping dari konflik selama 20 tahun. Sebuah kekuatan pendudukan besar dikalahkan. Dengan cara ini tidak mungkin bagi kami untuk membebaskan negara, dan menuntut negara tanpa cedera, tanpa terluka. Anda tahu bahwa beberapa orang bahkan telah melakukan bunuh diri. Tanpa disadari, seseorang melakukan hal seperti itu. Jika seseorang dirugikan sebagai akibat dari kegiatan ini, tentu saja hal ini dapat dimengerti. Mereka adalah efek samping dari perang. Tetapi saya ingin meyakinkan Anda, saya ingin menjamin bahwa tidak ada kerugian yang ditimbulkan pada bangsa yang disengaja– itu adalah efek samping dari perang yang telah menjadi masalah teknis, dan efek samping dan insiden yang tidak menguntungkan lainnya.

Pertanyaan selanjutnya. Anda tahu bahwa situasi politik berubah di kota: perampokan, dan kejahatan mulai muncul, tetapi kami harus mengambil tindakan untuk menghentikannya. Dalam waktu singkat kami berhasil melakukannya; kami ingin; kami harus menghentikan ketidakstabilan. Jadi, mereka harus dikendalikan. Jadi, kita harus membuat serangkaian tindakan dengan berbagai wilayah kota. Kami akan mengembalikan keadaan normal dan stabilitas penuh untuk Afghanistan, kami tidak akan pernah menyalahgunakan aset apa pun. Mereka misalnya, yang bersenjata, mereka harus dilucuti.

Saya harus diingatkan bahwa membebaskan negara adalah tujuan besar dan mulia, untuk menyingkirkan penjajah, yang tanpanya kita tidak dapat membentuk pemerintahan kita. Jadi negosiasi berlangsung selama 18 bulan, kami memiliki tim yang kuat di Qatar. Tapi kemudian disabotase. Beberapa penghasut perang menyabotnya. Pemerintah sebelumnya sebenarnya mengumumkan rencana perang enam bulan melawan kami, jadi selama enam bulan lagi, kami akan menyaksikan pembunuhan anak-anak kami, rekan senegara kami.

Perjuangan kami adalah membentuk pemerintahan Islam. Bagaimanapun, para pejuang kami, orang-orang kami yang terlibat dalam perjuangan ini, kita semua akan memastikan bahwa kita dapat melibatkan semua pihak dan faksi lain dari semua lapisan masyarakat. Itu adalah perjuangan bagi mereka yang nyawanya telah hilang karena berjuang untuk musuh. Ini adalah kesalahan mereka sendiri. Anda dapat melihat bahwa kami berhasil mengendalikan seluruh negara dalam hitungan hari, tetapi kami tidak sombong untuk ini.

Kami telah menginstruksikan semua orang untuk tidak memasuki rumah siapa pun, apakah mereka warga sipil atau militer. Ada perbedaan besar antara kami dan pemerintah sebelumnya. Ketika kami membentuk pemerintahan, ketika semua orang melihat posisi mereka, tempat mereka, maka Anda akan melihat. Jenis situasi, adalah semacam situasi militer. Setelah pembentukan pemerintahan, semuanya akan menjadi lebih jelas.

[Pertanyaan apakah Taliban telah berubah]

Pertanyaan ini didasarkan pada ideologi dan sistem nilai. Bangsa kita adalah bangsa Muslim, apakah itu 20 tahun yang lalu, atau apakah itu sekarang. Tetapi jika menyangkut pengalaman dan kedewasaan dan visi, tentu saja ada perbedaan besar di antara kami, dibandingkan dengan 20 tahun yang lalu. Akan ada perbedaan dalam hal tindakan yang akan kita ambil, ini seperti proses evolusi.

Mari kita bicara tentang hukum setelah pemerintah terbentuk. Mereka akan memutuskan jenis hukum apa yang akan disajikan kepada bangsa. Ini akan menjadi tanggung jawab pemerintah masa depan, dengan partisipasi semua orang. Satu hal untuk dikatakan – kami sekarang serius bekerja untuk membentuk pemerintahan. Saya ingin meyakinkan Anda, itu akan diumumkan.

Kami memiliki semua perbatasan di bawah kendali kami. Tidak akan ada kasus penyelundupan senjata. Semua senjata yang digunakan dalam pertempuran akan diperbaiki dan dilengkapi dan didaftarkan. Konsultasi kontak sedang dilakukan segera, Anda akan segera mengetahuinya.

Mari beri lebih banyak waktu untuk media internasional. Ketika datang ke pertanyaan pertama Anda, kami telah menangkap selama tiga hari terakhir di provinsi mana pun, belum ada kasus pembunuhan, ada keamanan penuh di seluruh negeri. Penyair kami telah diculik – kami akan menindaklanjuti ini – penyair kami, orang-orang berbakat kami tidak boleh disakiti, ini harus dihentikan. Situasi saat ini seperti, menyerupai situasi darurat militer. Ini akan segera kembali normal. Tidak ada yang akan bisa menculik siapa pun.

Bandingkan sekarang dengan minggu lalu, misalnya; ada perbedaan besar. Tidak ada yang kehilangan nyawa mereka lagi. Kami akan memiliki lebih banyak keamanan, hari demi hari. Mereka yang telah meninggalkan negara ini – kami tidak ingin ada orang yang keluar negeri. Ini negara, ini tanah air kita bersama, kita memiliki nilai-nilai yang sama, agama yang sama, dan bangsa yang sama. Kami ingin berada di bawah payung kesamaan ini. Kami telah mengalami masalah dan kesulitan ini dalam amnesti publik ini, amnesti umum, jadi tidak ada permusuhan yang akan ditindaklanjuti.

[Pertanyaan tentang produksi heroin di dalam negeri]

Kami menjamin warga negara kami dan masyarakat internasional, kami tidak akan memproduksi narkotika. Pada tahun 2001, jika Anda ingat, kami telah membuat produksi konten narkotika menjadi nol pada tahun 2001, tetapi sayangnya negara kami diduduki saat itu dan jalan untuk reproduksi narkotika bahkan di tingkat pemerintah – semua orang terlibat.

Tapi mulai sekarang, tidak ada yang akan terlibat, tidak ada yang bisa terlibat dalam penyelundupan narkoba. Hari ini, ketika kami memasuki Kabul, kami melihat sejumlah besar pemuda kami yang duduk di bawah jembatan atau di samping tembok dan mereka menggunakan narkotika. Ini sangat disayangkan. Saya sedih melihat orang-orang muda ini tanpa keyakinan akan masa depan. Mulai sekarang, Afghanistan akan menjadi negara bebas narkotika tetapi membutuhkan bantuan internasional. Masyarakat internasional harus membantu kami sehingga kami dapat memiliki tanaman alternatif. Kami dapat menyediakan tanaman alternatif. Kemudian, tentu saja, segera, kita bisa mengakhirinya.

[Pertanyaan tentang Sistem Pemerintahan dan Pejuang Asing]

Saya harus menyebutkan bahwa Afghanistan akan memiliki pemerintahan Islam yang kuat. Seperti apa namanya, seperti apa spesifikasinya, mari kita serahkan kepada para pemimpin politik. Mereka sekarang melakukan konsultasi serius dalam hal ini, tetapi kami dapat meyakinkan Anda bahwa itu akan menjadi pemerintahan Islam dan kuat berdasarkan nilai-nilai kami dan tidak akan bertentangan dengan nilai-nilai dan manfaat rakyat kami.

Kami akan melakukan yang terbaik untuk memastikan bahwa semua orang termasuk di negara ini, bahkan orang-orang yang menentang kami di masa lalu, jadi kami akan menunggu sampai pengumuman itu dibuat. Instansi pemerintah akan dapat mulai bekerja lagi segera. Kalau soal perempuan, tentunya bisa bekerja dalam kerangka syariat Islam kami misalnya di bidang pendidikan, di bidang kesehatan, di bidang pengadilan. Tentu saja, wanita dibutuhkan, mereka akan bisa bekerja.

Pejuang asing, satu titik bahwa tanah Afghanistan tidak dimaksudkan untuk digunakan melawan siapa pun. Saya harus meyakinkan masyarakat internasional, siapa pun yang bermaksud menggunakan tanah kami untuk melawan negara lain, kami tidak akan mengizinkan mereka sama sekali. Pemerintah sedang dibentuk. Masalah sedang diselesaikan, pemimpin kita terlibat. Kami akan mengumumkan semuanya dalam beberapa hari ke depan, seperti situasi di bawah kendali sekarang untuk pemerintahan yang lebih baik.

Pertanyaan pertama tentang pejuang asing, adalah bahwa kami tidak akan mengizinkan orang asing yang ingin membahayakan atau mengancam keamanan ruang negara di Afghanistan. Dan kami telah meyakinkan ini. Adapun pertanyaan kedua Anda, untuk pengaturan pemerintah, kami masih mengerjakannya. Itu akan dilakukan secara bertahap.

Pertanyaan: Bisakah perempuan terus bekerja untuk media dengan cara yang sama seperti dulu?

Tunggu dan lihat apa yang akan dikatakan pemerintah masa depan. Undang-undang kami, ketika menyangkut media dan hal-hal penting lainnya akan sedemikian rupa sehingga setiap orang harus dapat bekerja tetapi dalam kerangka hukum Syariah Islam, karena saat ini kami tidak dapat benar-benar menyajikan semuanya dengan jelas kepada Anda. Tunggu saja pemerintah, undang-undang itu diundangkan, dan kemudian kita tentu bisa mentaati undang-undang dan peraturan itu.

[Pertanyaan apakah Anda berhubungan dengan Dr Abdullah, Hekmatyar dan Hamid Karzai] 

Anggap saja, sebentar lagi kita akan menyaksikan pembentukan pemerintah, mengumumkan pemerintah. Kami akan melakukan yang terbaik untuk memastikan bahwa kami berhubungan dengan semua pihak, dengan Dr Abdullah, dengan yang lain, kami telah berkomunikasi dengan mereka. Kami melanjutkan komunikasi kami dengan mereka, kami akan melakukan yang terbaik untuk memastikan bahwa semua warga Afghanistan disertakan. Tidak ada yang boleh ditinggalkan, atau siapa pun yang memiliki kepentingan untuk melayani bangsa, mereka tidak akan diabaikan. Jadi pemerintahan ke depan akan inklusif. Mengenai kapan pemimpin kita akan memasuki negara itu, memasuki Kabul, saya harus segera menyebutkannya. Keputusan akan dibuat. Pemerintah akan diumumkan dan semua masalah akan diselesaikan.

Kita harus menunggu sedikit lagi, karena ini seperti keadaan darurat saat ini, kita akan memastikan bahwa semua orang termasuk, dan kita akan memiliki pemerintahan yang baik dan sehat.

[Hubungan dengan Dunia Internasional]

Pertanyaannya terkait hubungan dengan seluruh dunia. Seperti yang saya sebutkan sebelumnya, Afghanistan ingin memiliki hubungan yang sangat baik dengan semua orang. Untuk menghidupkan kembali ekonomi kita, untuk memastikan kemakmuran, untuk keluar dari krisis saat ini yang membutuhkan hubungan yang benar-benar baik dengan negara-negara tetangga, dengan negara-negara lain, kami melakukan yang terbaik untuk memastikan bahwa kami berkomunikasi dengan negara tetangga dalam kerangka kerja diplomatik internasional dan atas dasar kesepakatan bertetangga yang baik dan saling menghormati.

Terima kasih banyak untuk datang ke sini. Kami tidak punya cukup waktu, sayangnya, terima kasih banyak sudah datang. Semoga harimu menyenangkan. (haninmazaya/arrahmah)

[VIDEO]