Taliban: Afghanistan Akan Menjadi Negara Bebas Narkotika, Tidak Ada Lagi Produksi Narkotika Maupun Selundupan

[PORTAL-ISLAM.ID] KABUL - Setelah pengambilalihan kekuasaan di Afghanistan, Imarah Islam Afghanistan atau yang lebih dikenal dengan sebutan Taliban, telah mengadakan konferensi pers resmi pertamanya di Kabul, Selasa (17/8/2021).

Konferensi Pers disampaikan Juru Bicara Taliban Zabihullah Mujahid. 

Dalam konpers di hadapan puluhan awak media ini juga disertai tanya jawab.

Dalam tanya jawab ini wartawan asing salah satunya menanyakan tentang produksi narkotika/narkoba.

Taliban menegaskan tidak akan memproduksi narkotika bahkan memeranginya.

"Kami menjamin warga negara kami dan masyarakat internasional, kami tidak akan memproduksi narkotika. Pada tahun 2001, jika Anda ingat, kami telah membuat produksi konten narkotika menjadi nol pada tahun 2001, tetapi sayangnya negara kami diduduki saat itu (oleh invasi AS) sehingga terjadi lagi reproduksi narkotika bahkan di tingkat pemerintah – semua orang terlibat," kata Zabihullah Mujahid menjawab pertanyaan wartawan.

"Tapi mulai sekarang, tidak ada yang akan terlibat, tidak ada yang bisa terlibat dalam penyelundupan narkoba. Hari ini, ketika kami memasuki Kabul, kami melihat sejumlah besar pemuda kami yang duduk di bawah jembatan atau di samping tembok dan mereka menggunakan narkotika. Ini sangat disayangkan. Saya sedih melihat orang-orang muda ini tanpa keyakinan akan masa depan. Mulai sekarang, Afghanistan akan menjadi negara bebas narkotika tetapi membutuhkan bantuan internasional. Masyarakat internasional harus membantu kami sehingga kami dapat memiliki tanaman alternatif. Kami dapat menyediakan tanaman alternatif. Kemudian, tentu saja, segera, kita bisa mengakhirinya," tegasnya.

[Video Lengkap Konpers Taliban - Aljazeera]