Survei: Elektabilitas Anies Kuat di DKI, Banten, Sumatera, Papua, Kalimantan, dan Maluku

[PORTAL-ISLAM.ID]  Elektabilitas Anies Baswedan disebut kuat di daerah Maluku dan Papua. Hal ini diketahui dari hasil survei yang dilakukan oleh Lembaga Survei Charta Politika yang dilalukan pada 12 hingga 20 Juli 2021.

Direktur Eksekutif Charta Politika, Yunarto Wijaya mengatakan, elektabilitas Gubernur DKI Jakarta itu tampak moncer di empat kelompok daerah, yakni Papua dan Maluku, Kalimantan, DKI Jakarta dan Banten, serta Sumatera.

"Kalau kita coba lihat Mas Anies cukup kuat di Sumatera, DKI Jakarta dan Banten, Kalimantan serta Maluku dan Papua," ucap Yunarto dalam rilis survei pada Kamis (12/8/2021).

Elektabilitas Anies di wilayah Papua serta Maluku menyentuh angka 27,5 persen. Jika dibandingkan dengan tokoh-tokoh lain, tidak ada yang menembus angka setinggi ini di wilayah tersebut.

Lawan kuat Anies, Ganjar Pranowo saja hanya meraup angka 20,0 persen di wilayah yang sama.

Sementara itu untuk wilayah Sumatera, Anies mendapatkan elektabilitas sebesar 26,0 persen. Kemudian di Jakarta dan Banten, serta Kalimantan Anies masing-masing meraup elektabilitas sebayak 35,0 persen dan 26,2 persen.

Untuk Ganjar, elektabilitasnya menguasai di tiga daerah sekaligus. Yakni Jawa Tengah dan DI Yogyakarta, Jawa Timur, Bali, Nusa Tenggara Timur, dan Nusa Tenggara Barat. Masing-masing sebanyak 69,5 persen, 17, 4 persen, dan 28,3 persen.

Sedangkan untuk Prabowo Subianto unggul di wilayah Jawa Barat dengan persentase sebesar 27,6 persen.[liputan6]