Qatar Geser Singapura Sebagai ‘Bandara No.1 Terbaik Dunia’

[PORTAL-ISLAM.ID]  DOHA – Bandara Internasional Doha Hamad Qatar telah diakui sebagai Bandara Terbaik Dunia di Skytrax World Airport Awards tahun ini. Doha menggantikan Bandara Changi Singapura di peringkat teratas.

Penghargaan didasarkan pada pemungutan suara oleh penumpang antara Agustus tahun lalu dan bulan lalu. Beberapa mempertimbangkan pengalaman pra-pandemi sementara yang lain menilai bandara pada perjalanan yang lebih baru, MEMO melaporkan, Rabu (11/8/2021)

“Karena pusat perjalanan di seluruh dunia telah terkena dampak pandemi, Bandara Internasional Hamad tidak terpengaruh oleh gangguan perjalanan global dan melanjutkan rencana ekspansi sambil memperkenalkan standar kesehatan dan keselamatan bandara tambahan,” kata Edward Plaisted dari Skytrax.

“Sebagai Mitra Bandara Resmi untuk Piala Dunia FIFA Qatar 2022, kami berharap Bandara Internasional Hamad sukses dalam membantu menjadi tuan rumah acara besar seperti itu,” katanya.
 
Bandara Changi, yang merosot ke peringkat ketiga, telah menduduki posisi teratas selama hampir satu dekade. Meski demikian, tetap meraih penghargaan World’s Best Airport Staff dan Best Airport Staff in Asia.

Bandara Tokyo Haneda Jepang berada di posisi kedua global dan memenangkan Bandara Terbaik di Asia, Bandara Domestik Terbaik Dunia dan Penghargaan Kebersihan Bandara Terbaik Dunia. Bandara Istanbul Turki dinyatakan sebagai bandara yang paling baik, naik dari nomor 102 dalam daftar tahun lalu, menjadi ketujuh belas dalam penghargaan tahun ini.

Bandara Internasional Hamad adalah hub untuk Qatar Airways unggulan Qatar, yang bulan lalu memenangkan Airline Excellence Awards dalam peringkat Airline of the Year yang disusun oleh AirlineRatings.com. Ini menggantikan pemegang sebelumnya Air New Zealand, yang mendominasi daftar enam kali selama beberapa tahun terakhir.

Geoffrey Thomas, pemimpin redaksi AirlineRatings.com, dikutip oleh CNN Travel mengatakan bahwa penanganan pandemi virus corona oleh Qatar Airways yang menyegel kesepakatan.

“Qatar Airways selalu mendapat peringkat tinggi dalam peringkat kami, memenangkan berbagai penghargaan seperti Kelas Bisnis Terbaik, tetapi komitmen maskapai untuk menjaga jaringan rutenya tetap terbuka yang menarik pujian para juri dan suara,” katanya. (MINA)