Potret Masjid Istiqlal Indonesia di Palestina yang Akan Diresmikan Tanggal 17 Agustus 2021

[PORTAL-ISLAM.ID]  Hingga saat ini agresi militer terus terjadi di Palestina. Ratusan bangunan hancur akibat serangan penjajah, termasuk sejumlah Masjid di Palestina. Khususnya yang berada di wilayah pemblokadean Khan Yunis, Gaza.

Salah satu bangunan Masjid yang masih tersisa adalah Masjid Amiin Al-Umah Abu Ubaidah Amir bin Jarah. Akan tetapi, kondisi Masjid tersebut jauh dari kata layak sebagai tempat beribadah. Maka dari itu, warga Gaza memberikan amanah kepada masyarakat Indonesia untuk membangunnya kembali. Nama masjid pun sudah disiapkan dengan yang baru yakni Masjid Istiqlal Palestina.

Lantas bagaimana potret Masjid Istiqlal Palestina terbaru? Melansir dari berbagai sumber, Rabu (14/4), simak ulasan informasinya berikut ini.

Pembangunan Masjid Istiqlal Palestina

Melansir dari akun Instagram sharinghappinessorg, warga Palestina mengucapkan rasa terima kasihnya kepada warga Indonesia. Hal ini lantaran, masyarakat Indonesia telah membantu membangun Masjid Istiqlal di Palestina.

Pembangunan dimulai sejak peletakan batu pada Januari 2019. Hingga saat ini proses pembangunan masih terus dilakukan. Masjid Istiqlal Palestina ini berada di Khan Yunis, Gaza.

"Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh, Saya ingin mengucapkan terima kasih kepada masyarakat Indonesia yang telah membantu pembangunan Masjid Istiqlal Palestina hingga bisa sampai ke tahap ini," kata warga Palestina.

Proses Pembangunan Masih Berlanjut

Pada Oktober 2020, melansir dari laman kitabisa.com, Masjid Istiqlal Palestina telah berdiri tiga lantai. Proses pembangunan juga telah memasuki tahap pengerjaan interior. Mulai dari pemasangan keramik, plester tembok hingga menyelesaikan kubah utama.

Selain itu, tim Kasih Palestina juga tengah mempersiapkan pengerjaan fasilitas lainnya. Seperti fasilitas air untuk wudhu dan instalasi listrik dengan menggunakan solar panel.

Untuk diketahui, di Palestina sendiri Masjid bukan hanya sekedar untuk menunaikan ibadah sholat atau mengisi kajian saja. Sebagai wilayah yang tengah dijajah, Masjid juga merangkap sebagai pusat pendidikan dan kegiatan sosial.

Diresmikan di Hari Kemerdekaan Indonesia

Masjid Istiqlal di Palestina ini dibangun dari sumbangan masyarakat Indonesia. Meski belum selesai 100 persen, proses pembangunan telah memasuki tahap akhir atau penyelesaian.

Pembangunan juga terus dilakukan secara maksimal. Agar bisa diresmikan pada tanggal 17 Agustus 2021. Sesuai rencana, peresmian Masjid Istiqlal Palestina akan diresmikan bertepatan dengan hari kemerdekaan Indonesia.

"Pembangunan Masjid Istiqlal Palestina ini sudah memasuki tahap akhir, untuk bisa diresmikan pada tanggal 17 Agustus 2021 bertepatan dengan hari kemerdekaan Indonesia," sambungnya dalam video di akun Instagram sharinghappinessorg.

Jadi Ladang Amal Semua Orang

Warga Palestina tak lupa mengucapkan rasa terima kasihnya kepada masyarakat Indonesia. Mereka juga mendoakan semoga hal ini bisa menjadi ladang amal bagi semua orang.

"Saya berdoa bersama masyarakat di Palestina, semoga ini bisa menjadi ladang amal bagi kita semua. Dan semoga Allah SWT selalu memberikan keberkahan dan pahala kepada kita semua," tutupnya.[merdeka]