LUAR BIASA.. dr. Sulaiman Umar Mundur dari Anggota DPR RI dan PDIP

[PORTAL-ISLAM.ID]  Anggota DPR RI dari daerah pemilihan Kalimantan Selatan II, dr. H. Sulaiman Umar Siddiq, mengajukan pengunduran diri dari keanggotaan DPR RI. 

Bersamaan dengan itu, dokter muda itu juga mundur dari keanggotaannya di Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP). 

Pengunduran diri anggota Komisi IV DPR RI ini cukup mengejutkan. 

Diketahui, surat penyataan pengunduran diri tertanggal 28 Juli 2021 yang ditujukan kepada DPP PDIP tersebut beredar di media sosial.

"Bersama ini, saya, dr. H. Sulaiman Umar, anggota DPR RI dengan Nomor Anggota A247 serta kader PDI Perjuangan, dengan ini menyatakan mengundurkan diri sebagai anggota DPR RI dan kader PDI Perjuangan," demikian bunyi awal surat tersebut, dikutip Selasa, 10 Agustus 2021.

Dalam surat pengunduran diri itu, wakil rakyat dari daerah pemilihan Kalsel II, yang meliputi Kota Banjarmasin, Banjarbaru, Tanah Laut dan Kotabaru ini menyatakan ada banyak kegiatan di bidang kesehatan dan pengelolaan rumah sakit yang tak bisa dia tinggalkan saat ini. 

Sulaiman merupakan seorang dokter yang juga menjabat Direktur Rumah Sakit Marina Permata di Batulicin, Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan.

Menurut Sulaiman, ia diharapkan dapat memberikan pelayanan kepada masyarakat dalam bidang kesehatan secara langsung dengan optimal, di luar fungsi dan tugasnya sebagai anggota DPR dan kader partai. Dia pun merasa tak mampu menjalankan tugas anggota DPR, kader partai, dan pengelolaan RS itu secara maksimal dalam waktu bersamaan.

"Saya mohon dengan hormat agar DPP PDI Perjuangan dapat memproses pengunduran diri saya sesuai dengan AD ART partai serta mengajukan pengusulan pemberhentian antarwaktu anggota DPR RI dari Fraksi PDI Perjuangan kepada pimpinan DPR RI," tulis Sulaiman.

Sementara itu, Ketua DPD PDIP Kalsel Mardani H Maming membenarkan adanya pengunduran diri Sulaiman Umar sebagai anggota DPR RI dan dari kader PDIP.

“Masalah PAW DPR RI itu urusan pusat, jadi ulun tunggu intruksi aja,” ujar Mardani H Maming saat dihubungi melalui WhatsApp-nya di Banjarmasin, Senin (9/8), seperti dilansir matabanua.co.id.