Fakta Unik Gibraltar

Ceuta adalah wilayah Spanyol yang berada di benua Afrika. 

Aneh ya, harusnya Ceuta bersama Melilla itu masuknya Maroko. 

Lebih aneh lagi, kawasan Gibraltar a.k.a Jabal Tariq yang melekat pada Spanyol itu dimiliki oleh Inggris. Ceritanya Spanyol kalah perang sama Inggris, jadi Gibraltar diserahkan Inggris sampai sekarang.

Pasukan Inggris menyerbu Gibraltar pada tahun 1704 selama Perang Suksesi Spanyol. Kota ini, beserta kastil, pelabuhan, dan pertahanannya, diserahkan kepada Inggris "tanpa batas" di bawah Traktat Utrecht tahun 1713. 

Anyway, ini daerah-daerah bersejarah dalam penaklukan Andalusia (tahun 711 M). Adalah Yulian (يليان‎) penguasa Ceuta yang ikut membantu pasukan kaum muslimin menyeberang ke Spanyol untuk menyerang Visigoth, bangsa asing yang sedang menguasai Semenanjung Iberia ketika itu.

Pasukan kaum muslimin ketika itu dipimpin oleh seorang Berberi (non Arab) yang bernama Tariq bin Ziyad, berlabuh di kawasan berbukit di pinggir pantai. Kawasan tersebut kemudian dikenal dengan Jabal Tariq (Gunungnya Tariq), di lisan bangsa Eropa jadi Gibraltar.

Sejak Inggris keluar dari Uni Eropa (Brexit), Spanyol berupaya agar Gibraltar kembali ke pangkuannya. Kalau ini jadi, Maroko katanya akan melakukan hal yang sama kepada Ceuta dan Melilla.

(Wira Bachrun)