Anwar Ibrahim Tersingkir, Ismail Sabri Calon Perdana Menteri Baru Malaysia, UMNO Kembali Berkuasa!

[PORTAL-ISLAM.ID]  KUALA LUMPUR - Mantan Wakil Perdana Menteri Malaysia Ismail Sabri Yaakob tengah berancang-ancang untuk membentuk pemerintahan berikutnya, pasca mundurnya Perdana Menteri Muhyiddin Yasin.

Hal itu dilakukan setelah ia memenangkan mayoritas parlemen hari ini, Kamis (19/8/2021). Kandidat dari pimpinan oposisi Anwar Ibrahim tersingkir.

"Ismail Sabri mengamankan dukungan mayoritas 114 anggota parlemen dari total 222 kursi parlemen yang mendukungnya," demikian laporan The Star dan media lainnya.

Jika terkonfirmasi, pengangkatan Ismail Sabri akan menandai kembalinya Partai Organisasi Nasional Malaysia Bersatu (UMNO) ke tampuk kekuasaan setelah tiga tahun lalu kalah dalam pemilu karena banyaknya tuduhan korupsi, terutama skandal multi-miliar dolar pada dana investasi Malaysia Development Berhad (1MDB).

UMNO, yang sebelumnya berkuasa lebih dari 60 tahun, merupakan bagian dari koalisi Muhyiddin, tapi menolak keras untuk berperan sebagai pihak kedua. Dua pemerintahan yang muncul setelah pemilihan terbukti rapuh dan berumur pendek.

Raja Malaysia Al-Sultan Abdullah menginginkan siapapun yang menjadi perdana menteri baru untuk menghadapi voting mosi percaya guna menunjukan bahwa mereka memiliki dukungan mayoritas.

"Anggota parlemen yang mendukung Ismail Sabri diminta untuk bertemu raja pada Kamis untuk memverifikasi dukungan mereka," kata anggota parlemen dari fraksi UMNO Ahmad Maslan melalui Twitter, Kamis.

Mereka termasuk anggota parlemen dari partai politik yang sama yang sebelumnya menjadi koalisi Muhyiddin. 

"Blok oposisi yang sebagian besar mendukung Anwar Ibrahim tidak diundang ke istana," ujar anggota parlemen oposisi Ong Kian di Twitter.

Raja dijadwalkan bertemu bangsawan senior kenegaraan lainnya pada Jumat. Keputusan tentang perdana menteri baru kemungkinan akan diumumkan setelah pertemuan tersebut.

(Sumber: Antara)
Baca juga :