ANIES-PRABOWO: STATEMENNYA SERUPA, TAPI REAKSINYA BEDA

STATEMENNYA SERUPA, TAPI REAKSINYA BEDA

👉Minggu, tanggal 1 Agustus 2021, Anies Puji PPKM Jokowi, Efektif Kendalikan Covid-19

Gubernur DKI Jakarta, Anies Basewedan mengungkapkan kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) efektif untuk mengendalikan Covid-19 di ibu kota.

👉Sabtu, Tanggal 28 Agustus 2021. Prabowo: Kepemimpinan Jokowi Efektif, Saya Hormat Sama Bapak

Menteri Pertahanan Prabowo Subianto mengatakan kepemimpinan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam penanganan COVID-19 efektif. Ia bersyukur negara Indonesia tidak menerapkan lockdown keras.

***

Kedua pejabat negara ini memberikan testimoni atas kebijakan pemerintah pusat dalam penanganan Covid-19. Sama-sama berstatement menggunakan kata EFEKTIF dan mengapresiasi Jokowi selaku Presiden RI. 

Keduanya memberi penilaian yang sama, selaras dan memberi pujian. Keduanya adalah calon presiden 2024 yang diunggulkan media berita melalui rilis lembaga survey. 

Atas statemen tersebut, ternyata membawa penilaian berbeda pada keduanya. 

Ucapan Anies yang memuji kinerja Jokowi, tidak mendapatkan protes. Namun ketika Prabowo yang mengucapkan mendapatkan protes dan caci maki. 

Satu yang perlu digaris bawahi, baik Anies dan Prabowo adalah pembantu presiden dengan kerangka kerja yang jelas. Keduanya bekerja bahu membahu mendukung program pemerintah pusat, dimana Jokowi adalah Presiden yang memberikan perintah secara garis lurus. 

Ketika mereka memberi pujian, itu sudah lumrah dan wajar adanya. Karena seorang pembantu, pasti akan mengikuti apa kata pimpinannya. Seorang Gubernur dan Menteri, berada dibawah kepemimpinan Presiden melalui struktural yang sudah baku selama ini. 

Jangan berharap seorang pembantu mengkritik pemimpinnya, karena mustahi itu akan terjadi. 

Baik Prabowo dan Anies mempunyai penilaian yang sama pada Jokowi, namun mendapatkan  penilaian berbeda dari orang-orang yang membacanya. 

(Setiawan Budi)