TOP! Anies Baswedan Kerahkan 16 Mobil Vaksin Keliling di Jakarta, Target 8,8 Juta Warga DKI Sudah Divaksin Akhir Agustus

[PORTAL-ISLAM.ID] JAKARTA - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengerahkan 16 mobil vaksin Covid-19 keliling di Jakarta untuk mempercepat dan mengejar target vaksinasi 8,8 juta warga pada akhir Agustus 2021. Ke-16 mobil vaksin keliling ini merupakan hasil kolaborasi dari berbagai unsur. 

"Alhamdulillah, hari ini kita mulai uji coba mobil vaksin keliling di Pasar Senen, Jakarta. Akan ada 16 mobil vaksin keliling, ini adalah hasil kolaborasi dari berbagai unsur. Tiga mobil dari Polda Metro Jaya, tiga dari Kodam Jaya, dua dari Kemendikbud, lima dari DKI Jakarta, dan tiga dari PT Magenta Media Tama. Ini juga hasil kolaborasi dengan Aprindo, Apindo, Hippindo, Kadin, dan tenaga relawan," kata Anies Baswedan dalam keterangan tertulis, Rabu (7/7/2021).

Anies mengatakan, dengan berbagai langkah Pemprov DKI Jakarta termasuk 16 mobil vaksin keliling, maka target yang ditetapkan Presiden Joko Widodo agar 8,8 juta orang sudah divaksin di Jakarta bisa tercapai lebih awal.

"Dengan mobil vaksin keliling ini, Pemprov DKI Jakarta optimis dapat lebih cepat mencapai target vaksinasi 8,8 juta warga, yang sudah ditetapkan Bapak Presiden di akhir Agustus. Per hari ini saja (7/7/2021), sebanyak 5 juta orang sudah mendapatkan vaksin dosis pertama di Jakarta," papar Anies.

Dengan beroperasinya 16 mobil vaksin keliling ini, diharapkan akses terhadap vaksin akan lebih mudah menjangkau ke seluruh lapisan masyarakat kapan saja dan di mana saja.

Masyarakat, tutur Anies, hanya perlu mendaftarkan melalui aplikasi JAKI untuk menentukan lokasi dan waktu vaksinasi dan mobil vaksin keliling akan datang.

"Bagi teman-teman yang ingin ikut program vaksinasi, tinggal unduh aplikasi JAKI, lalu pilih sendiri lokasi dan waktunya," ujar mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan ini.

"Tidak ada kuota karena sifatnya mobile. Maka mobil vaksin keliling ini mendatangi kampung-kampung, komplek-komplek, dan kalau mau mengajukan bisa kontak DKI lewat aplikasi JAKI nanti daerahnya bisa kita datangi," terang Anies.

Lebih lanjut, Anies mengungkapkan, 16 mobil vaksin keliling juga memberikan pelayanan vaksinasi untuk anak-anak 12 tahun ke atas. Anies menargetkan 1.000 orang per kelurahan tervaksinasi melalui mobil vaksin keliling ini.

"Tergantung kebutuhan karena datang di sebuah tempat. Kalau untuk masyarakat kita akan targetkan 1.000/kelurahan," pungkas Anies.