Pembuat Kartun Nabi Muhammad, Kurt Westergaard Tewas Setelah Lama Sekarat

[PORTAL-ISLAM.ID]  Seniman Denmark, Kurt Westergaard, terkenal karena menggambar karikatur Nabi Muhammad SAW yang memicu kemarahan di seluruh dunia Muslim, telah tewas pada usia 86 tahun. Tua bangka itu tumpas setelah lama sekarat, keluarganya mengatakan kepada surat kabar Denmark Berlingske pada Minggu. Demikian lapor Al Jazeera, Senin (19/7/2021).

Ilustrator berada di balik 12 gambar yang diterbitkan oleh surat kabar harian konservatif Jyllands-Posten dengan judul "Wajah Muhammad", salah satunya memicu kemarahan khusus karena menunjukkan Nabi mengenakan sorban berbentuk bom. Nabi Muhammad dihormati oleh umat Islam dan segala jenis penggambaran visual dilarang dalam Islam.

Kartun-kartun tersebut pada awalnya hampir tidak diperhatikan, tetapi setelah dua minggu, sebuah demonstrasi menentang mereka diadakan di Kopenhagen dan kemudian duta besar dari negara-negara Muslim di Denmark mengajukan protes.

Kemarahan kemudian meningkat menjadi protes anti-Denmark di seluruh dunia Muslim pada Februari 2006. Beberapa demonstrasi menjadi kekerasan. Kedutaan Denmark dan Norwegia diserang dan puluhan orang tewas. Peristiwa tersebut menyebabkan perdebatan tentang Islamofobia dan batasan kebebasan berekspresi dan beragama di Denmark dan sekitarnya.

Pada tahun 2015, 12 orang tewas dalam serangan terhadap mingguan satir Charlie Hebdo di Paris, yang telah mencetak ulang kartun tersebut pada tahun 2012. Westergaard telah bekerja di Jyllands-Posten sejak pertengahan 1980-an sebagai ilustrator dan menurut Berlingske gambar tersebut telah dicetak sekali sebelumnya tetapi tanpa menimbulkan banyak kontroversi.(*)