BIN Klaim Masyarakat Puas Kinerja Jokowi dalam Tangani Covid-19 👍

[PORTAL-ISLAM.ID]  Juru bicara Badan Intelijen Negara (BIN), Wawan Purwanto menyebut, analisa lembaganya menunjukkan masyarakat puas dengan kinerja Presiden Joko Widodo atau Jokowi dalam menangani pandemi Covid-19.

"Mayoritas masyarakat puas terhadap kinerja Presiden dalam menangani wabah Covid-19," ujarnya lewat keterangan tertulis pada Ahad, 25 Juli 2021, seperti dilansir Tempo

Wawan tidak merinci angka kepuasan publik tersebut.

Menurut Wawan, tingkat kepuasan publik naik atau turun adalah hal biasa dalam politik yang dinamis. Ia mengatakan mereka yang puas dan tidak puas besarannya hampir imbang di daerah yang menjalan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat atau PPKM.

"Di DKI Jakarta, misalnya, yang tidak puas dan yang puas berimbang hampir 50 persen-50 persen. Di Jawa Barat ada 43,7 persen yang tidak puas, Jawa Tengah 40,9 persen dan Jawa Timur 37,9 persen," ujar juru bicara BIN ini.

Sementara itu, hasil survei terbaru Lembaga Survei Indonesia (LSI) justru menunjukkan tren penurunan tingkat kepuasan publik terhadap kinerja Presiden selama pandemi Covid-19. Penurunan itu terjadi selama enam bulan terakhir mulai dari Desember 2020 hingga Juni 2021, dari 68,9 persen menjadi 59,6 persen.

Survei yang dirilis pada 18 Juli 2021 ini menunjukkan tingkat kepercayaan publik kepada Presiden Jokowi dalam penanganan pandemi Covid-19 juga mencapai titik terendah selama empat bulan terakhir, turun dari 56,5 persen menjadi 43 persen.

(Sumber: Tempo)
Baca juga :