Kapan Indonesia main di Piala Dunia?

Kapan Indonesia main di Piala Dunia

Ini susah jawabnya. 

Lihatlah klasemen penyisihan piala dunia 2022 ini. Bahkan untuk lolos dari group ini saja mustahil. Padahal ini baru fase awal sekali. Kalaupun lolos di sini, masih ada fase berikutnya. 

Demikianlah. Akhirnya Timnas dapat poin. 1. Lumayan. 6 kali main, poin 1. Setelah habis2an. Kita itu dibanding Malaysia, Thailand jauh tertinggal. Jangan2 nanti pas penyisihan piala dunia 2026, kita harus tanding dulu dgn Bhutan, Brunei, Timor Leste, dll.

Apakah PSSI lihat data2, angka2 ini? Semoga. Karena hari ini, sepakbola adalah 'ilmu modern'. Pemain2 itu bagus atau tidak, bisa dilihat dari statistik. Termasuk prestasi. Jelas harus dilihat dari statistik. Bukan dari perasaan. Apakah PSSI akan maju dengan jenderal polisi yang namanya masih tercatat di kepolisian di pucuknya? Sejauh ini sih nyungsep. Setiap jabatan ketum PSSI lowong, wuiih, semua rebutan. Setiap prestasi timnas begini, ayolah, dulu rebutan itu apa poinnya?

Baiklah. Tidak usah panjang2. Semoga besok2 masih sempat lihat Indonesia main di Piala Dunia. Untuk negara dengan penduduk banyak, dan sepakbola populer sekali di sini, seharusnya itu tidak mustahil. 

(By Tere Liye)

Baca juga :