Untuk Pertama Kalinya, Pimpinan Hamas Gaza Yahya Sinwar Muncul di Publik, Orang No.1 Yang Ditarget Bunuh Israel Tapi Gagal di Perang 11 Hari

[PORTAL-ISLAM.ID]  Ini adalah foto pertama kemunculan beliau ke hadapan publik pasca perang kemarin.

Pimpinan Hamas di Jalur Gaza Muhammad Yahya Sinwar adalah tokoh yang masuk daftar "top targeted man" dalam daftar bunuh oleh Israhell selama perang 11 hari "Pedang Al-Quds" kemarin.

Beliau kemarin menjenguk dan bertakziyah ke rumah alm Bassem Isa, salah satu komandan Hamas yang syahid dalam perang 11 hari kemarin.

Beliau lalu menghadiri perayaan kemenangan perang 11 hari dan peringatan untuk para syuhada di Gaza, Senin (24/5/2021).

Muhammad Yahya Sinwar adalah anggota komite pusat Hamas yang dua periode ini terus dipercaya memimpin faksi politik dan militer di jalur Gaza.

Terpilih pertama sebagai anggota komite pusat Hamas pada tahun 2012, 2017 dan pada 2021 ini juga kembali terpilih. Sekaligus sekarang beliau diangkat sebagai orang Hamas No 1 di Jalur Gaza.

Beliau adalah lulusan dalam negeri di Gaza sendiri, tidak pernah belajar ke barat atau ke akademi militer bergengsi dunia seperti west point dkk. Tapi kemampuan militer dan strategi perangnya setara dengan Jenderal Bintang 4.

Puluhan tahun diincar tapi tidak berhasil ditemukan. Puluhan tahun masuk daftar bunuh tapi belum membuahkan hasil. 

Allah sebaik baik penjaga para tentaraNya.

(By Tengku Zulkifli Usman)

[Video - Kemunculan Yahya Sinwar saat Peringatan Syuhada di Gaza, perhatikan pertengahan video menit 1:19]