Survei: Mayoritas Warga Amerika Serikat Menentang Bantuan Militer Negaranya ke Israel

[PORTAL-ISLAM.ID]  Sebagian besar warga Amerika dan mayoritas Demokrat yang signifikan menentang bantuan militer tak terbatas ke Israel jika terus memperluas permukiman di Tepi Barat yang diduduki. Hal tersebut berdasarkan sebuah hasil survei yang baru diluncurkan, lansir Middle East Eye.

Studi tersebut, yang dirilis oleh Arab American Institute (AAI) pada hari Kamis (27/5/2021), menggarisbawahi perpecahan partisan yang jelas atas Israel-Palestina, dengan Partai Republik menunjukkan lebih banyak dukungan untuk kebijakan Israel di berbagai pertanyaan.

Lima puluh satu persen dari keseluruhan responden setuju dengan pernyataan: "Amerika Serikat seharusnya tidak memberikan bantuan keuangan dan militer tidak terbatas kepada pemerintah Israel jika terus melanggar kebijakan AS tentang perluasan pemukiman di Tepi Barat."

Dukungan itu meningkat menjadi 62 persen di kalangan Demokrat dan 75 persen dari responden yang mengidentifikasi secara ideologis liberal.

Pernyataan sebaliknya: "Amerika Serikat harus selalu memberikan bantuan keuangan dan militer yang tidak terbatas kepada pemerintah Israel," hanya mendapat dukungan 28 persen secara keseluruhan, dan mendapat dukungan 42 persen dari kalangan Partai Republik.

Pergeseran Opini Publik

Data tersebut berdasarkan survei terhadap 1.011 responden dengan margin error 3,1 persen. Jajak pendapat, yang dilakukan pada 20 Mei pada hari gencatan senjata diumumkan di Gaza, terjadi pada saat banyak politisi Partai Demokrat progresif di Kongres mempertanyakan dukungan tanpa syarat Washington kepada Zionis “Israel”.

Bulan lalu, anggota Kongres Betty McCollum memperkenalkan RUU yang akan memastikan bahwa bantuan militer AS ke “Israel” tidak digunakan untuk mendanai pelanggaran terhadap warga Palestina, termasuk pemenjaraan anak-anak dan pembongkaran rumah. Washington memberikan $ 3,8 miliar bantuan tahunan ke “Israel” tanpa pamrih.

Awal bulan ini, anggota Kongres, yang dipimpin oleh Alexandria Ocasio-Cortez, mencoba memblokir penjualan senjata senilai $ 735 juta ke “Israel” selama perang di Gaza.

“Ketika Anda mendengar orang-orang di sisi progresif Partai Demokrat berbicara tentang masalah-masalah ini seperti membatasi bantuan, Anda mendengar mereka mewakili di mana basis Partai Demokrat saat ini,” kata presiden AAI James Zogby pada acara virtual yang mengungkapkan belajar pada hari Kamis.

Jajak pendapat tersebut menunjukkan bahwa 52 persen responden Demokrat setuju dengan anggota parlemen yang mencoba menahan penjualan $ 735 juta, daripada Presiden Joe Biden yang menyetujuinya. 43 persen pluralitas dari semua responden juga mendukung upaya untuk memblokir kesepakatan.

Satu pertanyaan dalam jajak pendapat bertanya: “Apakah Anda setuju atau tidak setuju bahwa orang ‘Israel’ dan Palestina adalah orang yang sama yang berhak atas hak yang sama?”

Bahkan di sana, perbedaan di antara berbagai ideologi muncul dalam tanggapan: 87 persen responden liberal mengatakan ya, tetapi jumlahnya turun menjadi 66 persen dengan kaum konservatif. Mayoritas 73 persen mendukung pernyataan itu secara keseluruhan.

Studi AAI menyoroti pergeseran yang sedang berlangsung dalam opini publik terhadap Israel di kalangan Demokrat. Jajak pendapat Gallup pada bulan Maret menunjukkan bahwa mayoritas Demokrat mendukung penerapan lebih banyak tekanan AS pada “Israel” untuk menyelesaikan konflik.

Kesenjangan Kebijakan

Meskipun ada peningkatan keinginan Partai Demokrat untuk mengkritik “Israel”, Biden (yang juga dari Partai Demokrat) terus memberikan dukungan yang hampir tidak perlu dipertanyakan dari pendahulunya kepada pemerintah Zionis “Israel”.

Selama perang awal bulan ini, pemerintah AS terus menekankan apa yang disebutnya “hak ‘Israel’ untuk mempertahankan diri” dan memblokir pernyataan dari Dewan Keamanan PBB yang menyerukan gencatan senjata segera.

(Sumber: MEE)
Baca juga :