S3rang4n Roket Hamas Tak Berhenti Hajar Israel

[PORTAL-ISLAM.ID] Mulai semalam sampai pagi ini, beberapa kota di Israel terus di hujani roket roket dari Gaza.

Beberapa pihak terus mengupayakan gencatan senjata, bahkan Rusia juga menginisiasi gencatan senjata antara 4+4+2. Beranggotakan 10 negara.

Tapi semua ditolak oleh Hamas. Semua pimpinan politik Hamas di Qatar menolak semua ajakan untuk berhenti menembakkan roket ke Israel.

Hamas saat ini hanya menjalin kontak dengan Qatar, Turki, Kuwait dan beberapa entitas politik lain di luar negeri. Dalam skala negara, Hamas hanya berkomunikasi dengan 3 negara tadi tidak ada yang lain termasuk Mesir dan Saudi.

Disinggung soal kontak politik Hamas dengan Iran, Wakil Kepala Biro Politik Luar Negeri Hamas DR Musa Abu Marzuq mengatakan bahwa Hamas tidak punya kontak langsung dengan Iran. Namun terbuka dengan Iran apabila Iran ingin membantu tapi tanpa syarat apapun yang terikat.

Hamas melihat Iran sama dengan Negara lain. Hamas terbuka kepada siapa saja yang anti zionisme, tapi Hamas selalu berdiri diatas kaki sendiri dalam membela hak hak rakyat Palestina dan Gaza secara mandiri. Soal ini sikap Hamas cukup clear.

(By Tengku Zulkifli Usman)